Membuat Paspor RI di UK

IMG_0153

Paspor RI : sebelah kiri adalah tampilan paspor RI yang baru

Masa berlaku paspor tinggal 6 bulan lagi? Atau mungkin sudah habis masa berlaku? Sudah terbayang harus repot bolak-balik dengan waktu dan biaya tak sedikit. Apalagi kalau kita sedang tinggal di luar negeri. Itu yang saya rasakan pada waktu menemui paspor saya habis berlaku di UK. Sudah terbayang harus datang ke London dari Edinburgh, dengan biaya transport dan akomodasi yang tidak murah.

Tapi ternyata, pengalaman saya justru sebaliknya. Saya tinggal kirim dokumen + paspor lama, lalu 3 hari kemudian paspor baru sudah di tangan. Apa saja yang diperlukan dan agaimana prosesnya?

  1. Paspor lama. Sebagai backup, sebelum dikirim ada baiknya anda scan seluruh halaman paspor dan isinya jika belum punya scan nya. Paspor lama ini nanti akan dikembalikan bersama paspor baru.
  2. Mengisi Formulir Paspor Perdim 14, dan membubuhkan cap jempol jari kanan pada kolom yang tersedia.
  3. Mengisi Formulir Lapor Diri (jika belum pernah lapor diri). Pengisian lapor diri bisa juga dilakukan online di sini . Jika sudah pernah lapor diri maka tidak perlu lagi.

    ExLapor1

    Contoh jika sudah pernah lapor diri

  4. Sertakan tanda identitas yaitu Copy Resident Permit (BRP).
  5. Pasfoto warna terbaru latar belakang putih, ukuran 3×4 atau 4×6 sebanyak 4 lembar
  6. Membayar biaya pembuatan paspor dengan membuat Postal Order (semacam wesel di Indonesia) di post office senilai GBP 20 ditujukan kepada “Indonesian Embassy”. Plus fee 12.5% jadi biaya yang kita bayar total GBP 22.5

    postalorder

    Contoh Postal Order

  7. 2 buah amplop Special Delivery 1PM 500gr seharga @ GBP 7.5. satu amplop untuk mengirim seluruh dokumen di atas dan Postal Order ke KBRI London dengan alamat

 

Indonesian Embassy
Visa and Consular Section

38 Grosvenor Square (lower level)
London W1K 2HW
Tel. (020) 7499 7661

 

satu amplop yang lain kita tuliskan alamat lengkap kita, nantinya untuk mengirim kembali paspor baru kita. Jangan lupa mencatat Serial Number amplop kembali tersebut, jika ingin melakukan tracking. Postal Order dan amplop Special Delivery keduanya bisa dibeli di setiap post office di UK.

AmplopSD

Special Delivery Envelope

Pengalaman saya waktu itu, saya mengirim dokumen tersebut di atas pada hari Senin, 25 April 2016, dengan harapan selesai sekitar 2 minggu. Tapi ternyata saya harus memberi 2 jempol pada tim Konsuler KBRI London, karena tiga hari kemudian, paspor baru sudah sampai di tangan saya. Sehingga total pengerjaan paspor tersebut hanya memakan waktu 1 hari kerja saja. Benar-benar bravo untuk tim Konsuler KBRI London!

Ternyata cukup mudah dan simple bukan? Total biaya yang saya keluarkan adalah GBP 37.5 dengan memakan waktu 3 hari, paspor baru sudah sampai di tangan saya. Tapi, jika memang ingin mengurus paspor dengan datang sendiri ke London sambil ingin jalan-jalan, tentunya itu terserah anda hehehe

 

Wassalam,

Edinburgh, 30 April 2016, 3.23 PM

 

6 Responses

  1. Terima kasih atas kemurahan hatinya untuk berbagi info yg berguna ini.
    kalau boleh bertanya,
    Apakah masa berlaku paspor baru melanjutkan tanggal akhir di paspor lama?
    Misalnya paspor lama habis di bulan agustus 2016, dan kita membuat paspor baru di bulan Mei 2016; apakah paspor baru berlaku mulai agustus 2016 atau bulan Mei 2016 (saat paspor baru dikeluarkan)?
    Dalam pemikiran kami, bila tidak melanjutkan masa berlaku paspor lama, maka lebih baik jangan terlalu dini untuk membuat paspor baru krn sayang bila hilang beberapa bulan masa berlaku di paspor lama (tertindih masa berlaku paspor baru)…?

    terima kasih

    • Hi Tika,
      Utk masa berlaku tidak melanjutkan paspor lama, jadi misal paspor lama habis aug 2016 dan apply april 2016 maka masa berlaku pspor baru mulai april 2016.
      Sebenarnya tidak ada ruginya, tergantung kasus masing2. dalam kasus saya, saya langsung perpanjang 6 bln sebelum berakhir krn jika sewaktu2 akan apply visa ke negara lain, biasanya akan butuh masa berlaku pspor minimum 6 bulan. Jadi biar tidak repot mendadak perpanjang pspor🙂

  2. Hai Bu Ullie, kebetulan saya akan mengalami kasus yg sama, kebetulan sama juga saya akan mengurusnya dari Edinburgh.

    Mau nanya, untuk poin 2 tentang sidik jari detailnya bagaimana ya? Kebingungan saya adalah mengenai alatnya karena setahu saya sidik jari untuk passport itu digital.

    Terima kasih sebelumnya.

    • Halo,
      Penjelasan ttg mengapa sidik jari tidak direkam langsung saya hanya bisa mengira2 ya, tapi kemungkinan krn data biometrik itu ada masa berlakunya mungkin sampai dengan 10 tahun (seperti data biometrik saat kita mencari visa), bisa jadi krn di paspor sebelumnya yg sudah direkam biometrik masih berlaku jadi bisa dibuatkan paspor baru tanpa merekam biometrik lagi. Saya waktu itu membubuhkan cap ibu jari dengan stamp pad biasa ke formulir. Tapi jika ingin lebih pasti mungkin sebelum mengirim bisa telepon langsung ke bagian konsuler KBRI London terlebih dahulu, just to make sure sebelum mengeluarkan biaya apapun. Hope this help🙂

  3. Perpanjang pasport tapi bagaimana kalau vissa nya masih berlaku 1 tahun lagi

    • Paspor lama akan dikembalikan kepada kita jadi vignette visa yg masih berlaku 1 tahun masih ditangan kita. Jika visa yg dimaksud visa UK maka tidak perlu khawatir krn ID yg dipakai adalah kartu BRP.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: