Tips Mendaftar Sekolah Anak di UK

dalryps

Dalry Primary School, Edinburgh

Apakah anda akan pindah ke UK dan membawa anak usia sekolah? Jika ya, maka tidak usah khawatir, karena tidak seribet yang anda bayangkan. Berikut hal yang perlu anda ketahui sebelum mendaftar sekolah anak di UK :

  1. Jenis sekolah anak

Di UK ada dua jenis sekolah yaitu state school ini adalah sekolah yang state-funded sehingga 100% biaya sekolah gratis, kecuali untuk seragam, itupun cukup terjangkau harganya, sekitar GBP 5-10 untuk seragam seperti T Shirt dan sweater. Kemudian ada public school yang merupakan sekolah swasta yang berbayar yang biasanya sangat mahal fee nya. State school sendiri terdapat dua jenis yaitu non-denomination state school yaitu sekolah yang tanpa atribut agama dan sekolah yang beratribut agama yang biasanya dikelola oleh yayasan agama tertentu.

  1. Tingkatan sekolah

Terdapat 2 tingkatan sekolah di UK, yaitu Primary School untuk seusia anak TK dan SD di Indonesia dan Secondary School untuk seusia anak SMP dan SMA. Tidak ada konversi pasti dari kelas di Indonesia ke UK, karena bahkan England, Wales dan Scotland memiliki pembagian kelas yang berbeda. Patokan yang dipakai biasanya adalah umur. Biasanya pihak sekolah akan menanyakan tanggal lahir anak dan mereka akan menginformasikan seharusnya anak kita masuk ke kelas berapa.

  1. Catchment area

Catchment area adalah semacam system rayon di Indonesia, dimana seorang anak harus tinggal di catchment area sekolah tersebut untuk dapat diterima.

Baiklah, setelah mengetahui info di atas, lalu apa saja yang perlu kita lakukan untuk kepindahan sekolah anak kita?

kiauniform

Seragam Primary School di UK : T Shirt & Sweater with skirt & tights

  1. Segera kontak sekolah tujuan

Saran saya, anda sebaiknya mulai mengontak sekolah tujuan sejak 3 bulan sebelum anda pindah, hal ini terkait dengan catchment area. Cobalah google sekolah yang dekat dengan tujuan tinggal anda, kemudian pastikan catchment area nya masuk ke tempat tujuan tinggal anda. Informasi ini biasanya ada di website city council kota tersebut. Anda juga dapat mengontak city council melalui e-mail jika ada hal yang ingin anda tanyakan langsung. Setelah mendapatkan kontak sekolah, maka silakan langsung e-mail atau menelepon langsung dengan menjelaskan tanggal lahir anak anda dan kapan anak anda akan mulai sekolah. Dengan mengontak secepat mungkin anda akan tahu apakah masih ada kursi kosong di sekolah tersebut untuk anak anda. Karena jika kelas yang dituju sudah full, maka anda akan dimasukkan dalam waiting list, atau mungkin disarankan untuk mendaftar di sekolah lain yang tentu saja lebih jauh dari tempat tinggal anda nanti.

Hasil dari kontak sekolah tujuan ini juga bisa anda pakai untuk menentukan tempat tinggal anda nanti. Jika memang kelas tujuan anak anda sudah full, anda bisa beralih mencari tempat tinggal di daerah lain.

  1. Mendaftar ke sekolah

Sayangnya proses mendaftar ke sekolah baru bisa anda lakukan saat anda sudah datang di UK dan sudah memiliki bukti tempat tinggal tetap, bisa dengan kontrak sewa rumah, rekening bank, atau tagihan gas/listrik.

Jika anda sudah memiliki salah satu dokumen tersebut, maka silakan langsung datang ke sekolah dan membawa copy akte kelahiran anak, paspor/BRP anda dan anak dan copy bukti tempat tinggal tetap tersebut. Pihak sekolah akan menginfokan kapan anak anda bisa mulai masuk.

Beberapa tulisan di blog lain menuliskan perlu surat dari city council terlebih dahulu untuk mendaftar, tetapi untuk kasus saya ternyata tidak perlu surat tersebut. Kita hanya perlu datang dengan dokumen yang dibutuhkan. Tetapi mungkin di kota lain bisa jadi berbeda, oleh karena itu pastikan anda menghubungi sekolah tujuan untuk info yang paling akurat.

kiaschool2

All smile : Kia first day at school

Things to know :

Waktu sekolah tiap-tiap sekolah bisa jadi berbeda, untuk sekolah anak saya yang masuk di Primary 3 (kelas 2 SD di Indonesia), sekolah dimulai jam 8.50 dan berakhir pada jam 15.15 kecuali hari Jumat sekolah selesai jam 12.27. Siswa usia di bawah P3 harus diantar jemput oleh orang tua.

Untuk lunch, di Edinburgh ada program free lunch untuk anak usia di bawah P3 sehingga orang tua tidak perlu repot menyiapkan lunch dari rumah. Setiap dua minggu sekali akan ada edaran menu lunch, sehingga kita bisa memilih makanan yang sesuai dengan diet anak. Jika kita muslim kita juga bisa tahu apakah menu lunch tersebut halal atau tidak. Tersedia pula menu vegetarian.

Untuk pelajaran kelas P3, melihat dari reaksi anak saya selama 4 bulan belajar di sini, tak pernah ada masalah dengan materi pelajaran. So far dia masih bisa mengikuti dengan baik, bahkan sudah cas cis cus bicara bahasa Inggris, plus local accent nya haha. Gurunya pun berkata, “she has been doing great, and her reading is excellent”. So, jangan pernah meremehkan kemampuan anak dalam belajar bahasa. Tak perlu ada les bahasa Inggris khusus untuk mempersiapkan mereka, they will adapt fastly for sure. Dengan kemampuan menyerap bahasa yang cepat ini, anak-anak juga akan cepat berteman dengan kawan baru dan enjoy dengan sekolahnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Happy school hunting and good luck!

Wassalam,

Edinburgh, 18 Januari 2016, 8.17 PM

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: