Biaya hidup tinggal di UK untuk Student

Lanjut posting sebelumnya yah, visa sudah, flat sudah, lalu sekarang tentang biaya hidup. Sebenarnya untuk biaya hidup di UK ini ada banyak factor yang menentukan, tetapi saya ingin mencoba menulis untuk memberi gambaran bagi rekan-rekan yang akan studi di UK dengan atau tanpa beasiswa, dari sudut pandang kami yang tinggal di Edinburgh sekeluarga yaitu suami, saya, dan anak umur 7 tahun dan 2,5 tahun, dengan posisi suami yang mendapatkan beasiswa S2 dari LPDP.

lidl

Lidl : Hypermart nya UK

Saya coba rinci apa saja kebutuhan dasar selama kita tinggal di UK :

  1. Sewa flat

Ini adalah komponen terbesar saat kita tinggal di UK. Untuk mendapat gambaran berapa harga sewa flat di UK, anda bisa cek di zoopla atau rightmove untuk lokasi tujuan anda. Sebagai gambaran untuk di Edinburgh, harga sewa flat 2 bedrooms fully furnished sekitar GBP 650 – 900.

  1. Biaya listrik dan gas

Besaran yang harus kita bayar tergantung pada musim. Di musim dingin (Oktober – Januari), flat saya 2 bedrooms ukuran 80 m2 dengan gas central heating membayar sekitar GBP 90, dengan pemakaian heater selama 6 jam sehari. Bisa dibilang komponen terbesar pemakaian listrik/gas ini adalah untuk heater, semakin lama anda menghidupkan heater semakin mahal tagihannya. Untuk biaya di musim selain winter, saya belum pernah mengalami tetapi saat summer (Juni-Agustus) dimana heater bisa kita istirahatkan, mungkin hanya perlu membayar sekitar GBP 20 sebulan.

  1. Biaya transportasi

Di UK, sarana transportasi umum rata-rata sangat bagus, dengan metode paling umum adalah bus. Di Edinburgh kartu langganan bus untuk unlimited ride selama 28 hari khusus untuk student sebesar GBP 45. Single ride (sekali naik) seharga GBP 1,5 untuk adult dan GBP 0,7 untuk child (usia anak di atas 5 tahun, untuk di bawah 5 tahun free). Ada juga tiket full day, adult sebesar GBP 4, dan family day (2 adult 2 child) seharga GBP 8.

Di sini peran dari pemilihan lokasi flat sangat mempengaruhi, jika kita bisa mendapatkan flat di lokasi yang dekat tempat belanja, sekolah anak, dan kampus, maka akan sangat menghemat biaya transport, karena jarak < 1 mil (sekitar 1,6 km) disini adalah jarak yang dapat dijangkau dengan jalan kaki.

  1. Belanja groceries

Belanja dapur di UK rasanya plus minus dengan belanja di Indonesia, dengan beberapa item yang lebih mahal dan item lain lebih murah. Untuk mengecek harga groceries di UK dapat dilihat di website groceries Asda. Sebagai contoh harga-harga sembako di UK antara lain :

  • Ayam utuh 1 ekor                                     GBP 4
    (harga ayam/daging halal kurang lebih sama atau lebih mahal sedikit)
  • Tepung terigu 1 kg                                   GBP 0,45
  • Telur ayam negri 10 butir                      GBP 0,80
  • Fresh milk 4 pints (2,2 liter)                GBP 0,89
  • Daging sapi 500 gr                                   GBP 2,8
  • Dada ayam boneless 1 kg                        GBP 5
  • 1 kg wortel/kol                                           GBP 0,5
    3 bungkul bawang putih                         GBP 0,8
    bawang merah 500 gr                              GBP 0,6
  • 2 Liter minyak goreng                             GBP 2,5
  • Beras biasa 1 kg                                         GBP 0,4
  • Beras jasmine thailand                           GBP 1,4
  • Pull-up pants umur 2 tahun (40 pcs) GBP 4
  • Toilet tissue 12 pcs                                   GBP 1,2
  • Shampoo/sabun/pasta gigi                    GBP 1

Untuk 2 dewasa dan 2 anak, saya biasanya belanja groceries GBP 10 – 15 tiap 2 hari sekali di Lidl, dengan begitu rata-rata pengeluaran untuk groceries saya per bulan sekitar GBP 60 – 100, dengan catatan setiap hari kami selalu masak sendiri. Untuk harga bumbu-bumbu oriental karena impor jadi agak mahal, namun lebih baik mahal daripada tidak ada. Bumbu bisa kita beli biasanya di toko Cina atau Thai, sebagai gambaran sereh 5 biji seharga GBP 2, lengkuas 2 potong besar GBP 2. Untuk tempe, pada waktu diluar musim dingin, biasanya akan ada orang asli Indonesia yang membuat tempe. Di Edinburgh ada kawan yang membuat dan menjual tempe seharga GBP 2 untuk satu bungkus kecil, lumayan untuk mengobati kangen makanan asli Indonesia hehe.

Jika tidak masak sendiri atau banyak jajan di luar maka pengeluaran akan lebih banyak lagi. Berikut contoh harga makanan siap santap yang dijual di UK :

  • Domino Pizza medium (6 slices) GBP 6
  • 1 porsi nasi ayam biryani               GBP 7
  • 1 porsi chicken tikka                       GBP 3
  • 1 porsi nasi lemak malaysia          GBP 11
  • 1 porsi mie goreng                           GBP 11

Jadi bisa dibayangkan, harga 1 porsi mie goreng sama dengan total belanja saya sekeluarga untuk makan 2 hari penuh. So, kalau ingin hemat, mulailah belajar memasak dari sekarang hehe.

thai

Thai : toko thailand di Haymarket, menjual bumbu oriental (gambar dari googlemaps)

  1. Biaya komunikasi

Ada berbagai macam provider telepon dan internet di UK, kita tinggal memilih mana yang sesuai kebutuhan. Di Scotland, provider selular yang kami pakai adalah giffgaff yang memakai jaringan yang sama dengan Vodafone, semacam IM3 dan Mentari di Indonesia. Harga pulsa disini biasaniya dijual dalam bentuk goodybag (paket) dengan beberapa pilihan harga. Biasanya perbulan saya dan suami masing-masing menghabiskan GBP 10 per orang untuk pulsa seluler ini, dengan jatah pemakaian data 1 GB, unlimited call dan text untuk sesama pengguna giffgaff/Vodafone.

  1. Biaya internet

Internet real unlimited dengan koneksi fibre up to 40 Mbps seharga GBP 28 per bulan, mumpuni untuk streaming youtube di 2-3 device bersamaan atau download size 1 GB kira-kira 30 menit. Paket yang lebih murah dengan koneksi coaxial up to 17 Mbps seharga GBP 20 per bulan, tentu saja dengan speed lebih lambat.

  1. TV

Harga TV LED 29” dengan built up freeview (semacam decoder TV kabel, karena disini siaran TV gratis harus memakai decoder), seharga GBP 150.

Untuk melihat freeview anda harus membayar tv license sebesar GBP 145,5 untuk 1 tahun. Dengan membayar biaya ini anda mendapatkan siaran local mulai dari BBC dan channel-channel local lain. Menurut saya siaran TV local disini sudah cukup untuk hiburan, karena acaranya variatif, informative dan menarik, tak kalah dengan tv kabel berbayar. Lebih lanjut tentang TV license bisa dibaca di http://www.tvlicensing.co.uk

Namun jika anda ingin memasang tv kabel berbayar, maka siapkanlah dana sekitar GBP 20 lebih untuk tiap bulannya, dapat dibayar bundle dengan internet.

  1. Pakaian

Bersyukurlah di UK ada Primark yang menjual pakaian-pakaian baru dengan harga murah. Kenapa murah? Karena hampir semua produknya made in China atau Negara Asia lainnya, kualitas menurut saya sama saja dengan produk eropa. Berikut perbandingan harga baju termurah di Primark :

T Shirt dewasa                                   GBP 5
Celana jeans dewasa                      GBP 13
Coat dewasa                                      GBP 20
Sepatu dewasa                                 GBP 13
T Shirt balita/anak                            GBP 2
Dress balita/anak                             GBP 6
Coat anak                                            GBP 10
Sepatu anak                                       GBP 5

Jika anda ingin barang-barang bermerk murah, maka bisa membeli di banyak charity shop yang menjual pakaian second yang masih bagus kualitasnya, seperti Britisih Heart Foundation.

primark

Primark : tempat belanja baju murah meriah (gambar dari googlemaps)

  1. Jalan-jalan

Jalan-jalan paling nyaman untuk jarak medium-jauh adalah dengan kereta. Kereta kelas standard/ekonomi di sini sangat nyaman, lengkap dengan internet, toilet yang bersih dan tempat duduk yang nyaman. Anak di bawah 5 tahun travelling for free, tiket child untuk anak di atas 5 tahun biasanya 50% dari harga dewasa. Jika anda akan sering bepergian dengan kereta, maka paling menguntungkan untuk membeli railcard, dengan penghematan yang bisa dilakukan hinggal 50%.

Jika ingin pergi dengan mobil, harga sewa per hari untuk mobil paling murah (hatchback kecil, 4 seater, 1200 cc, manual) seharga GBP 25 sehari, plus GBP 5 untuk SIM non UK, dan sewa child seat car seharga GBP 1 – 12.

Harga hotel di UK bervariasi tergantung kota dan musim. Hostel paling murah sekitar GBP 20 per malam. Hotel rata-rata sekamar semalam dari GBP 50 – 100.

Banyak lagi sih tips tentang jalan-jalan yang ingin saya tulis, tapi sepertinya akan lebih baik saya bahas di posting lain ya.

  1. Sekolah anak

Biaya sekolah 100% gratis, kecuali untuk seragam kita harus beli. Itupun tidak terlalu mahal, satu set seragam untuk seminggu bisa kita beli total sekitar GBP 50.

  1. Biaya kesehatan

Karena sudah membayar NHS saat apply visa, maka jika kita visit ke GP Surgery maka semua biaya konsultasi dan obat gratis. Untuk anak bahkan dental juga gratis. Untuk dewasa dental dan mata tidak dicover NHS sehingga sebaiknya sebelum berangkat sebaiknya cek gigi dulu di Indonesia, karena biayanya jauh lebih mahal di UK.

 

westendmedical

West End Medical Practice : salah satu klinik GP Surgery di Edinburgh (gambar dari googlemaps)

Baiklah, semoga poin-poin di atas cukup representative terhadap kebutuhan sehari-hari selama di UK, dan bisa membantu perencanaan anda jika mempunyai rencana untuk tinggal di UK. Tulisan ini saya buat di bulan Januari 2016, sehingga harga-harga tersebut bisa berubah seiring waktu. Jika anda ingin sharing atau bertanya, please do, I will be more than happy to help. Happy planning and good luck!

Wassalam,

Edinburgh, 17 Januari 2016, 7.35 PM

 

8 Responses

  1. Wah menarik mbak. Kalau boleh tau untuk hidup di Edinburgh apakah cukup dengan beasiswa LPDP? Boleh mbak berbagi info ke email saya. wiryasarwana@gmail.com

    Thanks mbak

    • Jika bisa menekan biaya akomodasi yg merupakan komponen terbesar biaya, beasiswa lpdp cukup kok utk hidup di edinburgh. Kalau utk yg bawa keluarga dan tidak ingin terlalu terbebani sebaiknya dibawa setelah bulan ke 6 dan masak sendiri tiap hari. Hope this help🙂

  2. Permisi, boleh saya bertanya ? untuk suami kakak sendiri masuk HeriotWatt dengan lpdp bagaimana alasannya pada saat interview di LPDP ? karena saya lihat di daftar list univ LPDP tidak masuk HeriotWatt sebagai univ untuk pendaftar lpdp, dan berapa tahun pengalaman kerja yang dipunyai suami kakak ? karena saya berminat untuk mengambil Energy MSc di HeriotWatt untuk tahun depan dan ingin mencoba LPDP. terimakasih semoga pertanyaan saya tidak mengganggu dan sukses selalu untuk keluarganya.

    • Sebenarnya LPDP tidak mewajibkan LOA utk ikut seleksi. Dan banyak jg yg sudah dapat LOA di uni top tapi akhirnya tidak lolos LPDP.
      Pada saat itu suami mendaftar memakai email waiting list dari Imperial College London, yg masuk top uni di dunia, lalu setelah mendaftar LPDP ternyata di Heriot Watt (yg tidak ada di list LPDP) ternyata langsung dapat LOA conditional. Akhirnya suami mengurus pindah uni, dengan dasar bahwa utk bidang Petroleum Eng HWU setara dengan Imperial, bukti yg diberikan antara lain ranking fakultas/jurusan tsb, profil research/professor yg sesuai dgn bidang studi plan, dan surat rekomendasi dari ketua instansi/ikatan profesional yg sesuai dengan bidang yg akan dipilih (dalam hal Petroleum Eng contohnya IATMI). Keputusan pindah uni ini sepenuhnya menjadi hak LPDP. Jadi jika bisa apply beberapa uni yg memang cocok dengan studinya. Oh ya, suami pengalaman 11 tahun, jadi lumayan “tua” utk ambil S2 tapi batas LPDP utk S2 kl tidak salah sd 35 tahun. Hope this helps and good luck!🙂

  3. Makasih Mba… Infonya.. Salam kenal nama saya edwin
    Kalo dari penjelasan tadi, hidup sendiri dan masak sendiri tiap hari bisa lebih murah y mba…
    Mba mau nanya.. Sekitar tanggal 5 september nanti, saya mau lanjut di uoe.. Accommnya di ratcliffe terrace.. Itu jauh g mba dari bandara dan kampus uoenya?
    Trus, accomm itu baru bisa ditmpati tgl 10… Kira2 ada rekomendasi hostel murah g mba yang aman dan dekat dengan uoe? Dari tgl 6 sd 9 sept… Terimakasih mba..

    • Hi Edwin,
      Yup, Baik sendiri atau sekeluarga, masak sendiri tetap jauh lebih murah.
      Sepertinya kl saya lihat Ratcliffe Terrace ada di daerah Newington yg lumayan dekat dgn city center, jadi seharusnya dekat juga dgn kampus2 UOE, sy tidak tahu pasti krn kampus UOE ada beberapa dan beda tempat. Tapi Di Edinburgh selama dekat dgn bus stop kemana2 dekat, termasuk ke airport, jd tidak perlu khawatir.
      Kl utk hostel maaf saya nggak bisa kasih rekomendasi krn belum pernah sewa hostel sendiri. Opsi paling murah tentu saja nebeng dirumah teman sesama mhs indonesia, bisa kontak dgn join di whatsapp group PPI Edinburgh atau Facecook page jg ada.
      Pilihan lain, saya tidak rekomen hostel krn barang2 bawaan dr indo pasti banyak, dan di hostel biasanya tidak ada lemari khusus yg besar yg bisa kita pakai simpan koper, hanya ada loker biasanya. Lebih baik sewa dirumah warga yg menyewakan kamar, lebih nyaman dan aman, harga sekamar semalam biasanya £20-30. Bisa dilihat di http://www.edlets.com saya bisa rekomen krn sudah pernah pakai jasa edlets dan kalau kita jeli bisa dapat akom murah. Let me know if you still need any help. Good luck!

  4. senang sekali menemukan blog ini..salam kenal saya Nikmah.lagi galau maksimal mikirin biaya hidup di Edinburgh dan akomodasi karena saya berencana membawa suami dan anak umur 4th. Insya Allah saya akan menempuh MSc TESOL di UoE tahun depan.Kalau mba berkenan bolehkah saya minta kontaknya agar bisa nanya2 lebih spesifik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: