Persiapan Menghuni Flat baru di UK

dalry

Kawasan residensial flats di Dalry, Edinburgh

Melanjutkan posting sebelumnya tentang mencari flat untuk student di UK, selanjutnya jika anda sudah berhasil mendapatkan flat, maka yang harus anda lakukan adalah :

  1. Persiapkan deposit fee & rental fee bulan pertama

Deposit fee biasanya besarnya kurang lebih hampir sama dengan sewa satu bulan. Guna deposit fee adalah untuk membayar damage yang kita sebabkan selama kita menyewa flat, misalnya tembok yang tercoret-coret. Di akhir masa penyewaan (biasanya 12 bulan), maka jika kita tidak melakukan kerusakan, deposit fee ini akan dikembalikan kepada kita. System pembayaran rental flat biasanya bulanan dan dibayar di awal.

  1. Tanda tangan kontrak dan serah terima kunci

Baca kontrak sewa dengan seksama dan tanyakan jika ada klausul yang anda tidak mengerti. Misalnya ada kontrak yang menyatakan kita tidak boleh membawa furniture sendiri tanpa ijin dari landlord.

  1. Foto seluruh kondisi flat dan isinya

Di awal kita baru masuk flat, jangan lupa untuk memfoto seluruh ruangan dan isinya. Dengan begitu jika nanti ada kerusakan kita bisa complaint ke agen untuk segera diperbaiki. Perbaikan alat-alat yang included dalam property, jika bukan karena keteledoran kita, adalah tanggung jawab dari landlord/agen. Misalnya, heater, kompor, kulkas, dll. Jangan lupa untuk memfoto meteran listrik dan gas pada saat anda baru masuk, hal ini berguna untuk menghindari anda membayar tagihan yang tidak anda pakai.

  1. Mengurus rekening listrik dan gas

Tanyakan pada landlord/agen apa provider listrik/gas anda. Anda bisa saja mengganti provider ini dengan pilihan anda sendiri. Jika tidak berganti provider, maka biasanya pihak provider (yang sudah diinfokan oleh agen/landlord) akan mengirimkan surat kepada anda untuk melakukan registrasi pelanggan baru. Pembayaran rekening listrik/gas ini dilakukan bulanan, biasanya dengan cara autodebet rekening bank kita.

electricitybill

Contoh tarif listrik/gas di Edinburgh

  1. Mengurus exemption council tax

Khusus untuk student di UK tidak perlu membayar council tax. Council tax ini semacam tax yang dibebankan ke seluruh pemilik property untuk membayar fee saluran air bersih, saluran pembuangan (sewerage) dan pembuangan sampah (garbage collections). Untuk mendapatkan exemption ini kita perlu membawa surat keterangan dari kampus, lalu mengirimkannya ke city council setempat. Jika membawa istri/suami, maka kirimkan juga copy visa yang menjelaskan bahwa istri/suami adalah dependant yang dalam visa nya terdapat tulisan “restricted for work” dan “no public funds”.

counciltax

Council Tax untuk property Band C

  1. Mendaftar ke GP Surgery dan Dental Clinic terdekat

GP Surgery ini adalah praktik dokter yang bisa kita datangi saat kita sakit atau ingin berobat. Anda cukup mencari info GP Surgery yang terdekat lalu melakukan pendaftaran dengan memakai nomor NHS yang anda bayar pada waktu apply visa. Khusus untuk anak, daftarkan juga ke Dental practice, karena untuk anak perawatan gigi ditanggung oleh NHS.

  1. Mendaftar ke sekolah anak

Sekolah anak di UK gratis tanpa dipungut biaya apapun. Anda hanya perlu datang ke sekolah yang dituju dengan membawa copy akta kelahiran anak, paspor, dan bukti tempat tinggal (kontrak sewa rumah atau tagihan listrik/gas), hal ini karena sekolah umum di UK menerapkan system catchment area, semacam system rayon seperti di Indonesia. Pendaftaran sekolah anak ini sebenarnya gampang tapi kadang ada beberapa masalah jika sekolah sudah penuh. Next time akan saya bahas di posting lain.

  1. Membayar TV license

Jika anda ingin menikmati tayangan tv local (bukan tv kabel berbayar seperti HBO, dll), maka anda perlu membayar tv license. Besarnya adalah GBP 145.5 berlaku setahun. Untuk lebih jelas bisa dilihat di http://www.tvlicensing.co.uk/

  1. Langganan internet

Di UK terdapat berbagai provider internet yang biasanya juga menawarkan bundle dengan tv cable berbayar. Paket yang recommended yang juga saya pakai adalah internet fiber unlimited (tanpa paket tv), dengan kecepatan up to 40 mbps. Tagihan bulanan total untuk paket ini sekitar GBP 27, dengan ini pengalaman saya bisa streaming youtube di 2-3 media bersamaan dengan lancar.
Provider biasanya mengiming-imingi bundling paket internet dengan paid TV (HBO, dll), tetapi jika anda sudah membayar TV License, saran saya tidak perlu membayar paid TV lagi karena lumayan mahal harganya. Siaran TV cable lokal yang jumlahnya sekitar 40 an channel juga menyiarkan acara-acara yang cukup menarik yang biasanya juga disiarkan di HBO, dll.

sky

Sky : salah satu internet & paid TV provider di UK

  1. Membeli perabot tambahan

Meskipun menyewa flat fully furnished, tapi untuk bantal, seprai, duvet (bed cover) dan barang-barang pribadi lain biasanya belum include. Jadi untuk membeli barang-barang tersebut anda bisa membelinya di Asda atau Tesco semacam hypermarket besar seperti Giant/Hypermart di Indonesia. Duvet ukuran double dijual seharga GBP 8, seprai double GBP 5, bantal GBP 3, cukup murah kan? Tidak sempat beli langsung? Anda bisa juga beli online lewat website nya, dengan ongkos kirim sekitar GBP 3 sekali kirim.

Ingin nambah beli furniture tapi furniture baru mahal harganya? Jangan khawatir, bisa tengok situs-situs berbagi online semacam freegle, di situs ini pengguna dapat memberikan barangnya for free pada orang yang mau mengambil ke rumahnya, barang yang diberikan mulai dari perabot (sofa, meja, kursi), sampai mainan anak-anak. Lumayan kan untuk berhemat? Jika anda ingin membeli barang second yang masih bagus, bisa juga cek di lembaga-lembaga charity, seperti british heart foundation. Di Edinburgh ada yang namanya Edinburgh Furniture Initiative yang menjual furniture second murah. Saya beli sofa 3 seater yang masih oke kondisinya hanya GBP 85 dan spring mattress single seharga GBP 30, jauh lebih murah dibanding jika beli baru.

  1. Setting heater

Setting heater ini penting karena semakin lama heater menyala, maka bisa dipastikan tagihan listrik/gas akan membengkak menjadi ratusan pounds setiap bulannya. Pengalaman saya, flat dengan gas central heating, di waktu winter heater diset on pada jam 5-7 pagi dan 7-11 malam dengan suhu 20 celcius. Tagihan bulan November dan December (suhu luar sekitar -3 s/d 10 celcius), sebesar GBP 80-90 per bulan.

Nah, sekian tips persiapan menghuni flat baru nya ya, hope this help and enjoy your new home! Feel free to comment if you want to ask something, will be more than happy to help you.

Wassalam,

Edinburgh, 14 Januari 2016, 2.24 PM

 

5 Responses

  1. Semakin rajin ngeblog nih bu😉
    Terima kasih sharing infonya, sangat bermanfaat.

  2. Halo mbak Aulia terimakasih banyak untuk sharingnya.. sangat detail dan membantu.
    Perkenalkan saya Cindy, awardee LPDP, rencana intake di school of engineering UoE per Sept 2016 ini.. saya berencana membawa keluarga juga (suami & 1 anak 3thn).
    Kalau ada kontak whatsapp/line apa boleh dishare lewat email..
    terimakasih sebelumnya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: