Tips Menyewa Flat di UK untuk Student

flat

Hasil hunting 17 hari : our lovely flat (self claimed)

Saat visa sudah ditangan, persiapan keberangkatan juga sudah beres, satu lagi yang harus dibereskan, kalau bisa sebelum kita berangkat, yaitu akomodasi. Untuk keperluan apply visa kita bisa memakai alamat kampus atau jika di London bisa memakai alamat Wisma Indonesia. Lalu pertanyaan selanjutnya, setelah itu kita mau tinggal dimana? Untuk anda yang datang sendiri tanpa membawa keluarga ke UK, maka lebih simple. Tapi untuk yang membawa keluarga, pencarian akomodasi ini bisa jadi agak ribet.
Baiklah, selanjutnya mungkin saya tuliskan beberapa pilihan akomodasi student di UK dan plus/minus nya.

  1. Campus Accommodation

Campus accommodation adalah semacam asrama mahasiswa yang dikelola kampus. Masing-masing kampus biasanya memiliki aturan sendiri, termasuk skema pembayarannya, tetapi biasanya campus accommodation ini dipisah antara undergrad dan postgrad.

Plus :

  • berada dalam lingkungan kampus sehingga tidak perlu keluar dana untuk transport dari dan ke kampus
  • jika ingin belajar sewaktu-waktu, library/lab dll dekat
  • all amenities included (includes listrik, gas, internet, dll)
  • Bisa dipesan sejak kita masih di Indonesia, tidak perlu viewing

Minus :

  • first come first served basis, alias siap cepat dia dapat. Sebaiknya secepat mungkin menghubungi pihak kampus.
  • biasanya sewa setahun dibayar didepan, hal ini agak menyulitkan untuk awardee beasiswa karena biasanya uang saku diberikan tiap bulan/triwulan. Maka perlu dana tambahan untuk membayarnya dengan uang pribadi terlebih dahulu.
  • Biaya sewa biasanya lebih mahal dibanding dengan private room di luar kampus.

Contoh campus accommodation di Heriot-Watt University bisa dilihat di http://www.hw.ac.uk/student-life/campus-life/edinburgh/accommodation.htm

  1. Private rooms in a shared house (HMO)

Jika ingin tinggal di luar kampus, maka bisa juga mencari shared room, artinya seperti kos, anda dapat satu kamar sendiri. Ada yang dengan kamar mandi dalam (ensuite) atau juga shared bathroom. Harga bervariasi dengan pembayaran per week/per month.

Plus :

  • Lokasi bisa anda tentukan sendiri sesuai kebutuhan, semakin dekat dengan city centre biasanya akan semakin mahal.
  • Sama seperti campus accommodation, semua biaya sudah included (listrik, gas, internet, dll)
  • Lebih murah dari campus accommodation

Minus :

  • Harus melalukan viewing, sehingga agak sulit securing private room sebelum kita sampai ke UK. Masalah viewing akan saya jelaskan lebih detail di bawah.
  • Hanya boleh ditinggali satu orang dalam satu kamar, jadi untuk yang membawa istri/suami, harus menyewa flat/house.

 

  1. Flat/House

Jika membawa keluarga, maka tidak ada pilihan lain harus menyewa flat/house. Jumlah orang yang tinggal di dalam flat juga tidak boleh melebihi ketentuan, misal untuk keluarga 2 dewasa dan 2 anak, minimal harus tinggal di flat 2 kamar.

Plus :

  • Privasi lebih terjaga dan lebih nyaman

Minus :

  • Harga jauh lebih mahal, tergantung lokasi. Seperti di Edinburgh, harga flat 2 kamar ukuran besar yang mampu menampung 4 orang, biasanya sekitar GBP 650 – 950. Harga tersebut adalah harga flat yang sudah fully furnished, jadi anda tinggal masuk membawa baju dan peralatan tidur saja (bantal, selimut, seprai dll).
  • Harus membayar listrik, gas, internet, dll.
to-let

“To Let” : Contoh penampakan flat yang disewakan

Nah, setelah mengetahui tipe-tipe tempat tinggal di UK, maka selanjutnya adalah mengetahui kriteria apa saja yang harus dipertimbangkan dalam mencari akomodasi di UK.

  1. Jarak dengan kampus

Semakin jauh jarak dengan kampus, berarti semakin menambah waktu dan biaya untuk transport anda.

  1. Dilewati jalur bus

Jika jauh dari jalus bus, maka anda harus berjalan jauh. Opsi membeli sepeda bisa diperhitungkan hanya jika anda kuat menahan dingin, angin kencang, dan hujan gerimis yang bisa terjadi di semua musim di UK.

  1. Dekat dengan supermarket

Mempermudah belanja groceries yang biasanya dilakukan 3 hari atau seminggu sekali.

  1. Lingkungan yang nyaman

Hal ini sebenarnya relatif, tetapi jika punya anak kecil sebaiknya carilah lingkungan yang family friendly, dalam artian setidaknya tidak berada di dekat area hiburan/pub.

  1. Dekat dengan sekolah

Hal ini penting jika anda mengajak anak dengan usia sekolah. Karena untuk anak usia sampai dengan 7-8 tahun (Primary 3/setara dengan kelas 2 SD) anak masih harus kita antar jemput sendiri/tidak boleh ke sekolah sendiri meskipun dekat.

Sepertinya rumit ya? Sebenarnya hanya perlu riset lokasi saja dan riset lokasi ini dapat kita lakukan sejak awal hanya dengan searching di internet kok. Jadi saran saya, sejak anda sudah mendapatkan Unconditional letter dari uni, sebaiknya segera survey tentang akomodasi di kota tersebut. Dengan begitu anda akan tahu lokasi mana yang sesuai dengan kebutuhan anda.

viewing

Kia, saat ikut viewing flat kami

Setelah anda tahu dimana perkiraan anda akan mencari akomodasi, maka bisa dibilang anda sudah setengah jalan. Give yourself a high five! So, what next? Selanjutnya, step-step untuk menyewa akomodasi :

  1. Search iklan sewa online

Siap-siap anda akan setiap hari membuka situs-situs iklan property online. Situs yang bisa dipercaya yang bisa anda kunjungi antara lain www.zoopla.co.uk www.rightmove.co.uk www.lettingweb.com www.s1rental.com. Iklan tersebut biasanya dipasang oleh agen atau bisa juga landlord (pemilik rumah). Anda harus jeli melihat description di iklan, karena kadang beberapa iklan mereka menuliskan “Professional only” atau “No Student”. Jika ada kriteria tersebut maka tidak usah difollow up. Carilah property yang sesuai dengan kriteria anda dan property yang paling baru, karena biasanya property yang sudah dipasang beberapa hari sudah fully booked slot viewing nya.

  1. Kontak teman untuk viewing

Jika anda masih di Indonesia, anda bisa meminta tolong teman yang berada di kota tujuan anda untuk mewakili melakukan viewing.

  1. Kontak pemasang iklan

Biasanya kontak dilakukan melalui e-mail. Jelaskan background anda secara singkat. Misalnya untuk kasus saya :

“I am interested to view the property. I am a professional and going to study postgrad for one year in Edinburgh. I am looking for a 2 bedroom flat to rent for one year for me, my wife and my 2 daughters age 7 and 2.”

Mengapa harus dijelaskan seperti itu? Karena bisa jadi landlord tidak mau menerima student, family atau bisa jadi asuransi dari building flat tersebut tidak memperbolehkan student tinggal di situ. Jika tidak dijelaskan bisa saja setelah anda menghabiskan waktu dan biaya untuk viewing ternyata anda tidak bisa menyewa flat tersebut.

Update 19 July 2016 : Tambahan tips jika anda kesusahan mendapatkan flat dengan status student dan foreigner. Jika anda ada dana berlebih, maka bisa juga kita tawarkan ke agen/landlord bahwa kita bisa membayar 2 atau 3 bulan uang sewa flat di depan. Hal ini ternyata layak terjadi pada sesama teman foreigner dan student untuk meyakinkan agen/landlord bahwa kita serius.

  1. Melakukan viewing

Setelah menerima balasan kapan bisa viewing dan konfirmasi, maka saat viewing pastikan anda datang lebih awal dari jadwal. Bukannya saya lebay, tapi viewing ini seperti semacam audisi atau bahkan interview kerja. Agen/landlord akan melihat dan menilai seperti apa anda sebagai calon tenant. Pastikan anda meyakinkan dan bisa menjadi tenant yang baik. Karena system rental disini bukan highest bidder, melainkan siapa yang dirasa paling cocok oleh agen/landlord. Jika setelah viewing anda merasa cocok dengan property tersebut maka segera hubungi agen dan menanyakan step selanjutnya. Biasanya ada agen yang meminta booking fee, jumlahnya bervariasi mulai dari 50% hingga 100% dari monthly rent, namun pastikan fee ini refundable. Dalam artian jika aplikasi anda tidak berhasil maka uang tersebut akan dikembalikan. Hati-hati dengan agen/landlord yang meminta fee yang non-refundable saat viewing karena bisa jadi itu scam. Agen yang terpercaya biasanya selalu mengembalikan booking fee kita jika aplikasi kita tidak berhasil.

  1. Submit rental application

Setelah melakukan viewing, step selanjutnya adalah mengisi aplikasi rental. Yang perlu dilakukan adalah :

  • Mengisi formulir data diri dan akan diminta backup dokumen berupa bank statement. Nah anda bisa memakai bank statement dan rekening koran yang anda pakai saat apply visa.
  • Agen/landlord akan meminta reference, biasanya reference dari atasan tempat kerja kita melalui e-mail.
  • Ada juga yang akan meminta UK guarantor, jadi intinya mereka meminta semacam guarantee letter dari permanent resident/warga Negara UK, yang menjamin bahwa kita dapat memenuhi kewajiban sebagai tenant. Jika hal ini yang diminta, maka memang agak berat dipenuhi, namun jika anda memang harus, maka bisa meminta tolong keluarga/teman yang sudah menjadi permanent resident di UK atau sudah tinggal selama lebih dari 5 tahun di UK. Jika tidak maka bisa memakai jasa guarantor UK, bisa dicari service nya di google, biasanya ini berupa perusahaan yang memang memiliki bisnis menjadi guarantor service. Fee yang diminta biasanya 50% dari uang sewa satu bulan.

Setelah langkah-langkah di atas anda penuhi, maka anda tinggal menunggu kabar dari agen/landlord. Jika aplikasi anda diterima, high five untuk anda dulu! Karena sungguh tidak mudah mencari flat yang sesuai dengan keinginan apalagi jika dengan kondisi kita yang student dan membawa keluarga.

Namun, seringkali yang terjadi seperti pada kasus saya, meskipun saat kita sudah sampai di UK, kita masih belum bisa mendapatkan flat tetap. Saya harus menunggu selama 17 hari sebelum akhirnya mendapatkan flat, jika begini kasusnya, maka disarankan anda mencari akomodasi short term (bisa hotel atau flat yang bisa disewa via airbnb.com) at least sampai satu bulan pertama dari anda datang ke UK, dengan begini anda bisa tinggal dengan nyaman sambil hunting flat. Baiklah, happy hunting and good luck!

Wassalam,

Edinburgh, 12 Januari 2016, 10.20 PM

*******Update 4 July 2016******

Berdasarkan pengalaman teman-teman kami di Edinburgh, ternyata ada tips tambahan untuk mendapatkan flat idaman anda lebih cepat dari applicant lainnya. Yaitu saat e-mail pertama kali ke agent/landlord, tuliskan bahwa anda berniat untuk membayarkan deposit secepatnya. lebih baik lagi jika anda bisa menyatakan bahwa bisa membayar sewa beberapa bulan didepan, misalnya 3 bulan atau 5 bulan di depan.

hal ini memang berat dari segi finansial, tetapi jika anda punya dananya dan sudah kepepet butuh akomodasi secepatnya, maka ternyata memang benar “money talks” hehe. make sure agent dan landlord bisa dipercaya dan semua transaksi keuangan dilakukan di atas kontrak legal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: