Persiapan Keberangkatan Studi di UK

koper

5 Koper besar, 2 Koper kabin, 3 tas tenteng

Menyambung posting sebelumnya tentang apply visa ke UK, maka selanjutnya saya ingin sharing tentang persiapan keberangkatan studi di UK. Bisa dibayangkan persiapan berangkat untuk tinggal di luar negeri bisa jadi sangat merepotkan, apalagi ditambah membawa keluarga termasuk anak-anak yang masih kecil.

Dalam kasus saya, kami berangkat berempat, suami sebagai student, saya, lalu 2 anak umur 7 tahun (kelas 2 SD) dan umur 2 tahun. Untuk yang sudah pengalaman bepergian dengan anak kecil pasti sudah bisa membayangkan : ribet!! Hehe iya pastinya, tapi memulai lembaran hidup baru bersama-sama di negeri orang itu sangat exciting sekali.

So, apa saja sih yang perlu dipersiapkan once visa sudah di tangan?

  1. Tiket pesawat

Setelah dapat visa, segera beli tiket. Kenapa? Karena makin mepet harga biasanya akan makin mahal? Saya waktu itu gambling beli tiket duluan sebelum visa approved, karena menemukan tiket murah di Garuda. Harga biasanya bevariasi, tapi rata-rata bisa dapat harga USD 700 – 900 per orang. Khusus untuk LPDP, biasanya awardee hanya diperbolehkan naik maskapai tertentu dan tentunya kelas ekonomi. Untuk Singapore Airline dan setaranya meskipun ekonomi, tidak diperbolehkan oleh LPDP. Rekomendasi maskapai yang lumayan murah tapi nyaman adalah Garuda Indonesia, KLM, Emirates, Etihad, dan Qatar.

  1. Barang-barang yang sebaiknya dibawa dari Indonesia

Saat membeli tiket pastikan berapa kg free baggage yang diberikan maskapai. Untuk Garuda biasanya kelas ekonomi 30 kg untuk dewasa/anak, 10 kg untuk infant (biasanya akan terambil jatahnya jika kita membawa stroller). Tambahan untuk khusus untuk student dengan menunjukkan visa bisa mendapatkan bagasi sampai 40 kg, jadi untuk kasus saya karena membawa stroller, maka bagasi yang diperbolehkan dibawa adalah 40+30+30=100 kg.

Jika tidak membawa anak kecil dengan barang bawaan standar, disarankan membawa :

  • Baju, secukupnya untuk persediaan satu minggu

sebaiknya bawa baju yang panjang dan tebal (sweater, celana training, kaos kaki dsb), apalagi kalau datang di bulan September, suhu rata-rata biasanya dibawah 20 Celcius dan akan terus turun hingga minus sampai winter. Tidak perlu bawa terlalu banyak, karena di UK banyak toko-toko pakaian murah dan baru seperti Primark, satu pasang longjohn seharga GBP 5, setara IDR 110,000 tidak beda jauh dengan di Indonesia, biasanya bisa beli di Pasar Pagi Mangga Dua (Toko Djohan, dsb)

  • Jaket

bawa satu saja kalau bisa yang tahan air, karena sama seperti alasan di atas, beli di Primark sama harganya dengan beli di Mangga Dua. Termasuk perlengkapan musim dingin lainnya, sebaiknya beli di UK saja.

  • Rice cooker kecil, beras 1 kg, mie instan beberapa bungkus

Jika anda sangat tergantung pada nasi, maka pada waktu awal baru datang di UK mungkin akan susah mencari restoran yang menjual nasi putih, jadi akan lebih mudah jika kita bisa langsung memasak sendiri. Beras dan mie instan banyak dijual di supermarket dengan harga murah. Untuk beras 1 kg di Lidl atau Asda sekitar GBP 0,4-0,6. Indomie dijual 3 bungkus GBP 1.

  • Dokumen-dokumen penting dan translate

Semua dokumen yang diperlukan saat apply visa sebaiknya dibawa dan diletakkan di koper kabin agar mudah diambil, karena akan dicek saat di imigrasi departure.

  • SIM

SIM Indonesia bisa berlaku di UK untuk 1 tahun pertama kita tinggal. SIM perlu dibawa karena akan dipakai jika kita perlu menyewa mobil. Biasanya akan ada biaya tambahan jika kita memakai SIM non-UK biasanya sebesar GBP 5.

  • Kartu ATM dan token

ATM bank Indonesia bisa digunakan di UK untuk mengambil tunai dan transfer dana. Token perlu dibawa jika kita masih perlu membayar tagihan-tagihan di Indonesia.

  • Sapu lidi/tebah

Sapu lidi untuk membersihkan bed sebaiknya bawa dari Indonesia karena disini tidak mungkin ada. Alat ini sengaja saya bawa karena lebih mudah untuk membersihkan karpet, karena ribet kalau harus tiap hari memakai vacuum cleaner.

  • Minyak kayu putih

Tak ada yang menjual minyak kayu putih disini, untuk anda yang tidak tahan dingin, sangat penting untuk membawa stok minyak kayu putih.

  • Minyak gosok/sum cream

Karena akan banyak jalan kaki (which is di Indonesia jarang kita lakukan hehe), maka di awal-awal kepindahan nanti pasti kaki akan terasa pegal-pegal. Salep seperti counterpain memang ada, tapi lumayan mahal.

  • Makanan khas Indonesia (rendang, abon, sambel pecel)

Jika bisa boleh bawa stok makanan yang packaging nya bagus, dan ada merk nya. Biasanya nanti custom akan bertanya apa isinya, jika beruntung bisa diloloskan, jika tidak maka sudah pasti akan ditahan custom dan tidak boleh dibawa.

 

  1. Peralatan yang perlu dibawa untuk yang membawa anak-anak :
  • Susu formula

Rata-rata anak di UK biasa diberi fresh milk (susu pasteurisasi), karena kandungan gizi yang paling bagus dan harganya sangat murah. 2 Liter fresh milk di Lidl seharga GBP 0,89. Jadi secara otomatis pilihan susu formula juga hanya sedikit, itupun kalau cocok dengan anak kita. Jadi saran saya sebaiknya bawa stok susu formula, at least cukup untuk 3-4 bulan, sambil sedikit-sedikit anak dikenalkan ke fresh milk.

  • Mainan anak

Sebaiknya bawa satu koper kecil mainan favorit anak anda, karena disini harga mainan anak lumayan mahal, karena biasanya mainan anak yang dijual adalah mainan yang original.

  • Minyak telon

Jika masih memakai minyak telon sebaiknya bawa stok, karena tidak tersedia disini.

 

  1. Peralatan yang TIDAK PERLU dibawa :
  • bumbu-bumbu masakan (sereh, lengkuas, dll)

Di toko-toko oriental atau thai banyak yang jual, tapi jangan harap harganya sama dengan di Indonesia ya. Dua potong besar lengkuas di sini dijual seharga GBP 2,5 atau sekitar IDR 50,000. Tapi tentunya lumayan jika tidak memungkinkan bawa dari Indonesia.

  • Kecap, sambel sachet, kerupuk dll

Seperti halnya bumbu, toko-toko oriental disini banyak yang menjual kecap ABC, saos sambel ABC dll. Harga tidak terlalu mahal. Satu botol kaca besar kecap ABC seharga GBP 3. Kerupuk mentah juga tersedia disini.

  • Sepatu, coat dan peralatan musim dingin yang terlalu berat

Daripada berat menghabiskan kuota bagasi, beli disini lebih murah. Boots bisa dibeli mulai dari GBP 10.

  • Guling

Bagi sebagian orang yang tidak bisa tidur tanpa guling, maka ini menjadi dilema. Di UK banyak dijual bolster, tapi bentuknya memang tidak seperti guling di Indo, namun daripada koper penuh karena bawa guling, sebaiknya beli disini. Bolster bentuknya seperti bantal tapi lebih kecil dan panjang (tidak berbentuk silinder).

  • Baby oil, baby lotion, dsb

Perlengkapan bayi sejenis ini semua ada disini dengan harga sama dengan di indo.

  • Kosmetik & skincare

Tidak perlu bawa stok skincare berlebih, khususnya pelembab wajah, sabun wajah, karena tidak cocok dengan iklim disini yang kering. Lebih baik cari dan coba merk disini yang cocok dengan kulit anda.

 

  1. Uang tunai

Perlu membawa uang tunai GBP, tak usah terlalu banyak, cukup untuk bertahan hidup selama sebulan, yaitu kira-kira GBP 1,000 – 1,500. Jika tidak sempat tukar uang juga tidak masalah, karena kita dapat mengambil uang GBP di atm di UK memakai ATM bank Indonesia.

Khusus untuk awardee LPDP, uang Settlement Allowance akan ditransfer ke rekening BRI yang dibuka khusus untuk awardee, jadi berupa mata uang IDR, memakai kurs spot GBP. Baru setelah sampai di UK, dan awardee sudah membuka rekening bank UK, maka uang reimburse tiket, visa dll, akan ditransfer ke rekening UK.

 

  1. SIM Card UK

Sim card bisa dengan mudah didapat di toko-toko payment point di UK. Free wifi juga banyak tersedia di sarana-sarana umum seperti bus. Tetapi jika ingin langsung online saat menginjakkan kaki di tanah UK, bisa juga memesan online simcard UK, seperti giff gaff, untuk bisa dikirimkan lewat pos ke Indonesia. Jika ingin memesan simcard giff gaff, silakan tinggalkan comment di bawah, dan saya bisa membantu mengirimkannya lewat pos dari UK ke Indonesia.

 

  1. Peralatan yang perlu di bawa di kabin
  • Dokumen untuk pengecekan di imigrasi seperti telah saya tulis di atas (paspor, CAS, Guarantee Letter dari LPDP, ATAS, dll)
  • Untuk yang membawa anak kecil, jangan lupa membawa segala peralatan mulai dari susu, mainan, sampai dengan cemilan kesukaannya. Jika membawa anak kecil saran saya memilih penerbangan yang malam, jadi sepanjang perjalanan selama kurang lebih 17-19 jam (termasuk transit) dapat dilalui dengan banyak tidur.
  • Obat-obatan, seperti parasetamol, tempra, minyak kayu putih, dsb. Hanya untuk jaga-jaga saja selama di jalan.

Check in di counter Garuda CGK

Nah, sepertinya sudah lumayan siap nih. Jangan lupa setelah semua koper disiapkan, timbang semua koper bawaan anda, jangan sampai overweight karena lumayan biayanya. Jika memang overweight, kurangi barang yang sekiranya bisa dibeli di UK, seperti baju. Jika sudah siap semua, maka tinggal berdoa semoga perjalanan anda untuk memulai petualangan baru, selalu lancar dan menyenangkan.

Selanjutnya, masalah akomodasi selama di UK, insyaAllah akan saya tulis di posting yang selanjutnya.

 

Wassalam,

Edinburgh, 10 Januari 2016, 9.10 PM

*Hope this help for those who is going to fight for their new dream in this cold, wet and charming country. Please leave any comment if you need to ask anything, I’ll be more than happy to answer! J

7 Responses

  1. […] Persiapan Keberangkatan Studi di UK […]

  2. Mba,saya mau bertanya jika saya beli simcard di London untuk dipakai di Edinburgh apakah akan berfungsi ya mba?adakah simcard yg bisa digunakan di seluruh UK?apakah giff gaff itu termasuk slah satunya?

    Terima kasih:)

    • Yup, semua simcard bisa dipakai di seluruh UK hanya jangkauan sinyal kadang yg beda. Giff gaff bisa dipakai diseluruh UK termasuk di london n Edinburgh dan seluruh kota lain di UK. Hanya kadang kalau ke remote area seperti highlands memang susah dapat sinyal, utk semua operator.

  3. Mbak, saya ingin bertanya. Insya Allah saya akan berangkat ke UK di bulan September ini. Saya agak ragu dgn jumlah uang cash yg perlu dibawa utk diri saya sendiri, setidaknya sampai beasiswa cair. Apakah benar bisa melakukan penarikan tunai rekening Indonesia (misalnya, BRI) di atm UK? Berapa charge yg dikenakan ya, Mbak?

    Terima kasih🙂

    • Hi Lili,
      Thanks utk masukannya akan saya update di postingan utk masalah ini belum terlalu jelas memang ya.
      Jadi pada saat pertama datang siapkan utk
      – sewa tempat tinggal at least 2 bulan (dlm GBP) krn landlord mungkin minta deposit.
      – biaya hidup sebulan (dlm GBP)
      – biaya transport sebulan (dlm GBP)
      Tapi jika repot tidak bisa menukar GBP di Indonesia, siapkan saja bawa ATM indonesia tapi jangan hanya bawa satu bank, utk jaga2 tidak bisa diambil disini. Seperti atm BRI saya setelah bisa dipakai sekali di Edinburgh lalu macet tidak bisa diambil uangnya krn masalah teknis. Untungnya saya ada ATM mandiri yg bisa dipakai utk tarik tunai GBP. Penarikan GBP dibatasi sehari £200 kl tidak salah ya. Biaya tarik tunai tidak mahal kok, sekitar 20ribu kl tidak salah. Mungkin bisa dicari info pastinya di website masing2 bank. Ini contoh daftar biaya utk Mandiri http://www.bankmandiri.co.id/article/046447431477.asp
      good luck!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: