Mengurus Visa Student UK mengajak keluarga

 

kia_hwu

Kia, di halaman Heriot-Watt University Edinburgh

Alhamdulillah suami mendapat beasiswa LPDP dan melanjutkan S2 selama 1 tahun di Heriot Watt University Scotland. Setelah mendapatkan Letter of Sponsorship dari LPDP sebagai penyandang dana dan Unconditional Offer dari university, maka langkah selanjutnya adalah mengurus visa student (untuk suami) dan visa dependant (untuk saya dan anak-anak). Berikut saya ingin share pengalaman kami sekeluarga saat mengurus visa UK sekitar Agustus 2015 lalu.

Dalam tulisan ini saya asumsikan untuk penerima beasiswa, semua biaya ditanggung oleh beasiswa. Hal- hal yang perlu dipersiapkan antara lain :

  1. Dokumen perlengkapan visa student

Dokumen ini adalah dokumen yang dibutuhkan untuk visa student, dalam kasus saya dokumen untuk visa suami, antara lain :

  • Unconditional offer dari university (Jika masih conditional, biasanya uni meminta bukti financial backup, maka bisa dikirimkan Letter of Sponsorship dari LPDP)
  • Letter of Sponsorship / Guarantee Letter dari pemberi beasiswa (LPDP)
  • ATAS clearance (dalam offer dari uni akan disebutkan jika student memerlukan ATAS clearance). Jika memerlukan ATAS sebaiknya segera apply online karena biasanya proses approvalnya bisa menghabiskan waktu 21 hari hingga 1 bulan lebih, dan harus kita miliki sebelum kita apply visa. Apply online dapat dilakukan di https://www.academic-technology-approval.service.gov.uk/

Informasi lebih lanjut tentang ATAS dapat dilihat di https://www.gov.uk/guidance/academic-technology-approval-scheme

  • CAS (Confirmation of Acceptance for Studies)

CAS ini adalah surat yang dikeluarkan oleh Uni setelah kita mendapatkan Unconditional Offer, Letter of Sponsorship dan ATAS Clearance. Tanpa CAS maka kita tidak dapat melakukan apply visa student dan dependants.

  1. Dana deposit

Dana deposit ini adalah uang tunai (harus berupa tabungan, tidak boleh deposito) yang telah mengendap selama minimal 28 hari di rekening kita.

Besarnya dibagi menjadi dua :

  • Jika akan tinggal di kota London dan sekitarnya, maka kita harus menunjukkan saldo mengendap sebanyak 9 x GBP 845 untuk tiap dependant.
  • Untuk kota di luar daerah London maka dibutuhkan dana sejumlah 9 x GBP 680 untuk tiap dependant.

Contoh untuk kasus saya, tinggal di Edinburgh, Scotland : 1 istri dan 2 anak, maka dana yang dibutuhkan untuk deposit sebanyak 3 x 9 x GBP 680 = GBP 18,360. Dana ini harus dibiarkan mengendap di tabungan selama 28 hari, lalu setelah genap 28 hari kita minta ke Bank dua buah surat yaitu :

  • Bank Statement : biasanya bank sudah mempunyai template untuk surat ini dalam bahasa inggris, jadi kita hanya perlu menginformasikan ke customer service officer kalau kita membutuhkan bank statement untuk melamar visa tinggal di UK.
  • Print rekening Koran 3 bulan terakhir.

Jumlahnya memang tidak sedikit, jadi bisa saja kita pinjam keluarga atau pihak lain, lalu biarkan uang mengendap selama 28 hari lalu jika visa kita sudah approved maka uang tersebut bisa kita ambil lagi.

Keterangan lebih lengkap lihat di https://www.gov.uk/government/uploads/system/uploads/attachment_data/file/477216/PBS_dependant_guidance_11-15.pdf

  • Total Biaya (3 dependants) : GBP 18,360 x 22,000 = +- IDR 404,000,000,-
  1. Translate dokumen penting

Untuk apply visa nantinya kita akan diminta untuk menyertakan dokumen-dokumen pendukung kita, jadi sebaiknya dari jauh hari kita persiapkan translate dokumen ini karena biasanya translate membutuhkan rata-rata 1-2 minggu sampai dokumen translate asli dikirim dan sampai di tangan kita. Biasanya biaya translate satu halaman di penerjemah tersumpah sekitar IDR 50,000. Dokumen yang perlu di translate antara lain :

  • Semua ijazah dan transkrip penerima beasiswa (biasanya sudah tertranslate saat apply ke university)
  • Dokumen keluarga : Akte kelahiran, Surat nikah, untuk akte anak jika sudah tertulis dalam 2 bahasa (Indonesia dan Inggris) maka tidak perlu ditranslate.
  • Total Biaya : +- IDR 300,000,- s/d 400,000,-
  1. Vaksin & histori vaksin anak

Sebenarnya untuk vaksin & history vaksin bukan menjadi syarat/keharusan, tapi karena musim di UK sangat dingin maka pastikan paling tidak kita dan anak mendapatkan vaksin flu. Jika memang tidak sempat maka vaksin flu bisa didapatkan gratis dari praktek dokter terdekat di tempat tinggal kita di UK nanti. Untuk anak jika tidak memiliki buku vaksin, maka bisa dimintakan surat keterangan vaksin dalam bahasa inggris. Biasanya nanti akan ada petugas kesehatan yang akan visit dan meminta data vaksin anak kita.

  • Total Biaya : Gratis
  1. Tes Bebas TBC

Tes dapat dilakukan di rumah sakit yang ditunjuk, di 3 kota yaitu Jakarta, Surabaya, dan Kuta Bali. Biaya untuk dewasa IDR 690,000 dan untuk anak IDR 310,000 (di RS Premier Bintaro). Untuk dewasa akan dilakukan rontgen, untuk anak hanya dilakukan pemeriksaan fisik oleh dokter. Untuk musim-musim menjelang Juli-Agustus biasanya cenderung ramai, jadi disarankan untuk membuat janji terlebih dahulu. Khusus untuk LPDP biaya tes bebas TBC ini tidak direimburse. Pada saat mengisi formulir akan ditanyakan alamat tinggal di UK. Jika anda belum memiliki tujuan tempat tinggal, maka bisa mengisi alamat university atau wisma Indonesia (jika di London).

Keterangan lebih lanjut tentang tes bebas TBC dapat dibaca di https://www.gov.uk/government/publications/tuberculosis-test-for-a-uk-visa-clinics-in-indonesia/tuberculosis-testing-in-indonesia

  • Total Biaya (2 dewasa + 2 anak) : IDR 2,000,000,-
  1. Biaya aplikasi visa & NHS (Asuransi kesehatan)

Biaya untuk aplikasi visa student UK (PBS Tier-4 dan dependants) sebesar USD 506, dana ini tidak refundable jika visa kita ditolak, karena merupakan biaya pemrosesan visa. Lama aplikasi visa bervariasi, tetapi rata-rata 98% aplikasi visa student dan dependants selesai dalam waktu 15 hari kerja.

Untuk asuransi kesehatan di UK, kita diwajibkan untuk membayar di depan, yaitu saat apply visa online. Jika visa kita ditolak, maka biaya NHS ini dapat kita refund. Besar biaya per orang per tahun adalah GBP 150. Jadi misalkan melamar visa student untuk S3 maka yang harus dibayarkan per orang sebesar 3 x GBP 150.

Pembayaran biaya visa online dan NHS ini bisa dibayar memakai kartu kredit atau paypal. Pembayaran dengan kartu kredit bisa memakai beberapa kartu kredit dan bisa memakai kartu kredit atas nama orang lain, hal ini sangat membantu jika limit kartu kredit kita tidak mencukupi, bisa meminjam saudara atau teman.

  • Total Biaya (1 student + 3 dependant) : USD 2,024 + GBP 600

Setelah semua item di atas siap, maka anda bisa memulai apply visa uk online melalui alamat http://www.visa4uk.fco.gov.uk/

Pihak imigrasi UK sudah menyediakan halaman berbahasa Indonesia tentang proses aplikasi visa di UK yang dapat diakses di https://www.gov.uk/government/publications/apply-for-a-uk-visa-in-indonesia/mengajukan-permohonan-visa-inggris-di-indonesia-proses-permohonan

Beberapa tips dalam mengisi aplikasi ini adalah :

  • Sediakan waktu dan tempat yang nyaman untuk mengisi aplikasi online ini, karena data isian yang harus diisi lumayan banyak dan perlu ketelitian. Tapi jangan khawatir karena jika kita belum selesai mengisi dan akan melanjutkan dilain waktu, kita dapat save aplikasi kita sehingga tidak perlu mengisi dari awal. Jika kita sudah yakin data sudah lengkap dan benar, maka kita bisa melanjutkan submit dan melakukan pembayaran.
  • Setelah melakukan pembayaran untuk NHS, jangan lupa mencatat nomor referensi NHS anda, biasanya juga akan dikirimkan melalui e-mail. Bisa juga e-mail bukti pembayaran NHS ini kita print dan kita sertakan dalam aplikasi visa kita.
  • Setelah selesai melakukan pembayaran biaya aplikasi visa dan NHS maka kita dapat memilih waktu interview visa. Yang akan kita lakukan saat interview visa adalah submit dokumen fisik kita ke VFS (lembaga yang ditunjuk imigrasi UK untuk memproses aplikasi visa di Indonesia), kemudian foto dan pengambilan sidik jari biometric. Untuk student jika appointment ke VFS sore hari (saat di UK sudah di atas jam 9 pagi) maka akan dilakukan face to face interview via video conference, jadi tipsnya adalah pilihlah appointment sepagi mungkin. Kantor VFS hanya berada di Jakarta dan Bali. Jadi untuk anda yang tinggal di luar kota, mungkin perlu memperhitungkan juga biaya transportasi dan akomodasi selama paling tidak 1 hari 1 malam untuk mengurus visa ini.
    Update 19 July 2016 : VFS telah membuka kantor untuk pengurusan visa UK di Surabaya, dengan tambahan biaya sebesar GBP 55 (khusus untuk Bali dan Surabaya), detail dapat dibaca di sini.
  • Jika anda ingin mengetahui tracking status pemrosesan visa kita melalui sms, bisa juga membayar IDR 50,000,- per aplikasi di saat kita submit dokumen, biasanya nanti akan ditawarkan oleh petugas loket VFS. SMS akan masuk 2x, saat dokumen kita dikirim ke visa processing unit di Manila, dan saat visa kita sudah selesai diproses dan siap diambil.

Khusus untuk awardee LPDP, beberapa info yang mungkin berguna antara lain :

  • Biaya hidup yang diberikan perbulan per awardee sebesar GBP 1,000 untuk di luar London dan GBP 1,200 untuk London dan sekitarnya.
  • Jika membawa keluarga maka LPDP memberikan 25% tambahan dari uang bulanan tersebut untuk tiap dependant, dengan batas maksimal 2 dependant, dimulai dari bulan ke-7 dan seterusnya. Jadi seperti kasus saya, suami dan 2 anak tinggal di Edinburgh mulai studi September 2015 – Februari 2016 menerima GBP 1,000 perbulan, lalu bulan Maret 2016 dan seterusnya menerima GBP 1,500. Apakah cukup? InsyaAllah akan saya tulis di posting berikutnya tentang biaya hidup di UK.
  • Dana lain yang dicover oleh LPDP adalah :
    • Tiket PP Awardee, tiket dependant tidak ditanggung
    • Biaya visa + NHS Awardee
    • Uang buku sebesar IDR 10,000,000,- dan settlement allowance (uang pindahan) sebesar GBP 2,000 yang diberikan beberapa hari sebelum keberangkatan kita.
    • Kemudian ada juga insentif lain jika awardee menulis jurnal ilmiah yang dipublikasikan internasional, atau mengikuti symposium internasional. Ada juga insentif yang diberikan untuk awardee yang berhasil masuk top 20 university dunia.

Demikian postingan saya tentang mengurus visa student ke UK dengan mengajak keluarga. Memang mungkin biaya dan usaha yang harus dikeluarkan ekstra banyak, tapi menurut saya semua itu sangat worth it, apalagi jika anda termasuk tipe orang yang tidak bisa jauh dari keluarga, daripada jauh di negeri orang, harus konsentrasi belajar tetapi tidak bisa konsentrasi karena memikirkan keluarga yang jauh di sana. Belum lagi pengalaman yang dapat anda rasakan sekeluarga saat tinggal di negeri orang, merupakan pengalaman yang sangat tak ternilai. So, belajar dan mengajak “rombongan”, siapa takut? Hehe

Wassalam

Edinburgh, 9 Januari 2016, 9.19 PM

*Silakan tinggalkan comment jika anda ingin bertanya mengenai hal ini, insyaAllah saya akan menjawab secepatnya semampu saya bisa menjawab, hope I can help, thanks. Untuk persiapan keberangkatan ke UK, silakan baca https://ulliee.wordpress.com/2016/01/10/persiapan-keberangkatan-studi-di-uk/

6 Responses

  1. Halo mba, terima kasih banyak ya atas informasinya sangat berguna untuk kami.
    Pasangan saya mendapatkan beasiswa LPDP untuk keberangkatan ke University of Manchester pada sekitar bulan September tahun ini.
    Sebelum keberangkatan kami berdua berencana untuk menikah pada bulan Juli tahun ini dan berangkat bersama kesana.
    Pertanyaan saya
    1. Apakah LPDP maupun aplikasi visa UK dependant mempunyai persyaratan lama menikah sebelum mengikutkan dependant pada keberangkatan?
    2. Apakah dengan visa dependant tier-4 mengizinkan mba untuk bekerja selama menemani suami disana?

    Terima kasih banyak sebelumnya, happy to hear your story🙂

    • Hi Ari, congrats sebelumnya ya
      1. Tidak ada syarat lama menikah, seingat saya hanya menyertakan KK/buku nikah saja saat meminta Letter of Sponsorship agar tunjangan dependant juga ditulis disitu utk keperluan apply visa nanti.
      2. Untuk saya di visa dan Resident Permit card tertulis “Restricted to Work, No doctor/dental training or sport person” bisa diartikan saya tidak boleh bekerja. Namun di visa suami yg sbg student boleh bekerja up to 20 jam per week (part time)
      Hope this help feel free to ask and good luck🙂

  2. Hi mba, terima kasih banyak untuk infonya ya. Saya berencana untuk membawa anak saya, 7 thn, ke UK september tahun ini. Suami saya tidak bs ikut karena tidak ada izin dari kantornya.
    Pertanyaan saya, apakah memungkinkan setelah 1-2 bulan berada di UK baru saya kembali ke indo untuk menjemput anak saya? Walaupun berat di dana ya. Mengingat saya masih harus mencari tempat tinggal dan primary school dulu. Apakah saya harus mengurus exit permit lagi nantinya?

    • Hi Nina,

      Visa student tier 4 adalah visa multiple entry jadi bisa bolak balik ke indonesia selama visa masih berlaku tidak perlu mengurus permit lagi. Namun perlu dipertimbangkan jadwal kuliah biasanya akan padat. Libur kuliah UK utk intake September paling dekat biasanya adalah libur natal sekitar akhir Desember. Saran saya nanti sekitar bulan juli coba kontak PPI setempat utk minta tolong viewing tempat tinggal, siapa tau bisa dapat tempat tinggal sebelum sampai UK. Hope this help and good luck🙂

  3. Halo mba, infonya mencerahkan banget🙂
    Kebetulan saya juga mau sekolah di Edinburgh juga tahun ini dengan LPDP dan berencana membawa suami.
    Yang saya mau tanyakan
    1. Kalau apply letter of sponsorship dari LPDP untuk bawa dependant kan ada harus masukin dokumen dari universitas ya.. Itu dokumen yang dimaksud seperti apa kah?
    2. Untuk pencairan dana untuk dependant bagaimana yah mekanismenya? Diajukan di awal masa kuliah atau setelah bulan ke 6 kita baru minta pencairan?

    Terimakasih sebelumnya..

    • Hi Devi,
      Congrats sebelumnya yah! Utk dokumen pendukung keluarga dr uni bisa minta ke jurusan utk mengirimkan semacam surat undangan begitu, yg isinya uni memperbolehkan keluarga diajak serta tinggal disini selama kuliah. Utk pencairan living allowance dependant baru bisa diajukan di awal bulan ke 6. Hope this help & good luck!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: