Kampus Baru TC ITS dan Kenangan di Kampus Lama

TC punya gedung baru!!

gedung-baru-tc.jpg

(foto diambil dari berita its.ac.id)

Wah mendengar hal ini saya sebagai alumnus sekaligus mahasiswa TC ikut senang sekaligus sedih. Loh kok sedih? Mengapa? Jika Anda termasuk salah satu angkatan TC sebelum angkatan 2007, pasti Anda tahu jawabannya.

Yak, memang benar, di gedung TC lama itu, yang bersebelahan dengan Graha ITS dan kolam-kolamnya yang sering jadi tempat mandi anak2, tempat mancing, sampai tempat nyeburin “korban” perayaan ulang tahun, format sampai dengan SYS itu…di sanalah terdapat berjuta kenangan yang menghiasi suka dan duka semasa di kampus yang panas tapi adem itu. Panas karena suasana akademisnya yang begitu membuat perut, napas, badan dan otak kita bekerja sampai overclocking…tapi adem karena selalu ada teman-teman yang enak untuk diajak ngobrol, berbagi dan hanging out. Pokoke sip lah…

Khusus bagi saya, kampus lama itu adalah tempat yang sangat amat dan sangat berserjarah, dan menjadi salah satu tonggak titik balik kehidupan saya. Karena di kampus itu, pertama kalinya saya melihat “si dia” yang akhirnya alhamdulillah mendampingi saya sekarang. Bagaimana saya bisa punya “asisten” pribadi yang (maaf ya temen2 kalo jadinya ngiri…hehehehe..) membuat saya gak perlu susah-susah kalo puyeng dengan masalah programming. Hingga akhirnya saat pasangan lain kalau jalan-jalan membicarakan hal romantis, tapi saya dan dia bicara method, component, class… (dan yang satu ini masih terjadi hingga detik ini…)

Di tempat itu juga adalah proses pendewasaan hingga sekarang saya sudah merasa tua kalau misal mampir ke sana lagi. Sebagai TC 2002, jika dibandingkan dengan kaca mata mahasiswa baru TC 2007, saya serasa sebagai angkatan ’97 waktu saya masih jadi maba…huahahaha…tua sekali bukan? (Mohon maaf buat kakak-kakak angkatan ’97, karena memang begitu kenyataannya…hehehe..)

Nah…mumpung sekarang saya lagi homesick (lagi??) akan kota tercinta Surabaya, dengan senang hati saya ingin menuliskan daftar beberapa tempat bersejarah dan penuh kenangan di kampus kita tercinta ini.

  1. Plasa TC dan Taman Plasa TC

Tempat ini (saya yakin) pasti menjadi salah satu tempat yang ”bersejarah” bagi semua angkatan yang pernah menginjakkan kaki di TC. Sebabnya sudah pasti, inilah tempat pertama di mana ”pengkaderan” dimulai dan dijalankan. Ingatkah kawan, waktu pertama kali kita menginjakkan kaki di TC (saya masih ingat, tepatnya tanggal 30 Agustus 2002), sambil membawa ember, sapu, lap pel dan konco2nya, kita ”disemprot” dulu lalu digiring untuk bersih-bersih lab dan lingkungan TC. Hmmm….ingat bukan?

Konon kata suami saya…di tempat itu juga di saat itu juga dia pertama kali melihat saya, Aulia Mahfudah, mahasiswa baru TC 2002 lulusan SMA Negeri 1 Geger, Madiun.

Di tempat ini juga pernah terjadi ”insiden” yang (agak) memalukan yaitu sebelum kuliah Sistem Digital 2 yang diajar oleh Bapak Soepeno Djanali, berkumpullah belasan mahasiswa yang rata-rata anak C12, mengerumuni sebuah ”source” yang sangat powerful yaitu tugas SisDig2 yang sudah selesai dikerjakan. Maka terjadilah proses ”bacemisasi” tersebut di sana, dan saking asyiknya sampai-sampai waktu Pak Soepeno ikut nimbrung duduk disitu, kita tak menyadarinya hingga beliau berkata ”Ngerjain apa ini?” dan semburat lah semuanya sambil senyam senyum menahan malu…hahaha…

  1. LabProg

Tempat ini pastilah pernah menjadi kenangan semua mahasiswa TC, karena paling tidak, ada waktu selama setahun dimana para maba menjadikan LabProg ini sebagai tempat mangkal, browsing, ngerjain tugas, mbacem, ”dibantai” asisten, tidur (atau ketiduran tepatnya), ngobrol, ngegame, nobar, nggosip, bahkan tempat PDKT (termasuk saya dan suami hehehe…).

Tempat inilah yang meskipun aromanya agak minta ampun (dulu waktu masuk labprog masih disuruh buka sepatu), yang menjadi salah satu cikal bakal dan jantung dari kehidupan akademis di TC. Hidup, ramai, dan live 24/7 sepanjang tahun (kecuali mati lampu, biasanya karena ada acara di Graha ITS hehehe…)

Di sini tempat saya praktikum Bahasa Pemrograman (satu tim dengan Erica, dan suami saya 2x menjadi asisten modul…sbg salah satu cara pdkt..hehehe…), Praktikum ASD (satu tim dengan Nink) dan BasDat (barengan ama Catur).

  1. Ruang Kelas

Mulai dari TC-101 sampai TC-107 adalah ruangan yang penuh dengan kenangan selama kuliah dalam kelas. Di sana, kita pernah menghadiri kuliah sambil ngantuk-ngantuk bahkan tidur (saya sering tidur saat kuliah Arsitektur Komputer heheheh…pedenya lagi saya duduk di bangku paling depan!). Sering kali karena kelelahan ada teman-teman yang ketiduran hingga akhir kelas berlangsung, sampai-sampai kalau tidak dibangunkan mungkin akan ditinggal di kelas sampai malam (identitas disamarkan…hehehe)

  1. Lab IBS, RPL, Komputing, dan AJK.

Masing-masing lab tersebut pasti pernah membekas di hati kita. IBS adalah tempat mangkal setelah semester-semester akhir (mulai dari semester 4 sampai lulus). RPL adalah tempat demo-demo program tugas kuliah (masa-masa yg berat, tp akhirnya manis utk dikenang), Komputing adalah tempat jujugan terakhir kalau lab yg lain penuh, dan AJK adalah lab tempat saya praktikum SisDig (masa-masa yg seru merangkai kabel2 yg ruwet dengan Erica), SisOp (bersama Antie) dan Jarkom (dimana saya hanya mengerjakan 1 modul dari 5 modul yg ada, thanks to Victor..hehehe..Sori Vic..)

  1. Kantin (yang baru dan yang lama)

Kantin adalah tempat kita mengisi perut saat perut sudah protes karena otak kita benar-benar sudah keriting. Tak sekedar itu, kantin adalah tempat ngumpul, ngobrol, bergosip, becanda, pokoknya hang out bareng. Terus terang, saya kangen banget sama mie ayam nya…hiks…hiks…

  1. Ruang Sidang S2

Ini tempat yang bersejarah, karena di tempat ini akhirnya saya bisa melewati tahap ujian TA dan sah untuk dinobatkan berhak menyandang 4 huruf di belakang nama saya. Di tempat ini juga saya menjalani 2 semester sebagai mahasiswa S2 dan berbagi ilmu serta pengalaman dengan rekan-rekan S2 TC ITS.

Nah..sebenarnya masih banyak lagi tempat yg lain…Cuma at least tempat-tempat di ataslah yg paling berkesan untuk saya. Jika Anda TC ITS juga, di manakah tempat bersejarah Anda?

Untuk gedung baru, mudah2an seluruh anggota TC baik mahasiswa, dosen dan karyawan dapat berkarya dengan lebih baik di gedung baru ini…Amien..

19 Responses

  1. Buat saya, salah tempat yang paling berkesan adalah emperan TC yang berbagi sama SI. karena di situ saya suka mencuri-curi pandang salah satu anak SI yang saya ngefans kepadanya. secret admirer gitu deh…🙂 tapi kalau tempat paling berkesan di ITS ya perpustakaan lantai 6 tempat ITSnet berada. banyak kenangan di sana: belajar hal2 baru baik yang bersifat nyata maupun yang “halus” (banyak hantunya hehehe)

  2. @galih
    Wahahaha…galih bgt gitu loh..
    bener bgt tuh, ITS emang konon byk “halus”2nya…syukurlah saya belum pernah liat sendiri..hiiih…

  3. jujur.. terharu membaca tulisannya… hiks,
    jadi teringat semua kenangan lama😀 .
    tempat favorite jelas labprog dan ruang servernya… rumah kedua (kedua ato pertama yah?) setelah kos2an🙂 .
    klo mo diterusin komennya…. bisa2 kaya’ posting diblog sendiri😀 … btw, itu gambar gedung barunya yah? bagus yah…

  4. @nra
    iya..nulisnya aja sambil menahan air mata😀
    bagus sih gedung barunya, tp ya itu…blm byk pohon2nya jd mgkn tahun2 pertama pindah jadinya panas bgt gt..
    mudah2an kapan2 kita bisa reunian..(kl udah pd punya buntut seru kali..hehehe)

  5. weee.. ada namaku tercantum.. wkwkwk.. :p

  6. @victor
    heheheh…iya dong…aku takkan melupakan jasamu vic :p tp …gara2 gak ikutan ngerjain..ampe skrg aku jd gak ngeh ama networking😦

  7. waah, ternyata gedung baru sudah jadi yak

  8. Udah mo pindah semester ini.
    Kuliahnya aja seh… Lab sama ruang dosen tetep di kampus lama.
    Jadi bayangkan banyak mahasiswa dan dosen harus mondar-mandir selama satu semester.
    Wkwkwkwk………….

  9. @purna
    gmn kl kita kuliah lagi biar ngerasain jg gedung baru? heheheheh…
    @dnial
    Hehehe…gpp..biar warga TC jadi sehat…gak duduk diem didepan monitor terus😀

  10. Smangat ya buat teman2 TC. Smoga teman2 SI bisa cepeat2 nyusul biar teman2 TC gak kesepian digedung baru sana. ;->

  11. @Faizal
    Iya..rasanya kl satu fakultas yg anggotanya cm 2, agak aneh memang kl harus dipisah lokasinya ya… Jadi kebayang ribetnya kl mau ngurus2 apa2 ke TU dan ke dosen😦

  12. Wah …. Kos-kosan Mahasiswa TC yang kebanyakan di Gebang ntar pada pindah ke TMB nih, soalnya lebih dekat ke gedung baru.

  13. @issa
    wah..kl gt bisa juga dijadikan bisnis angkatan nih..angkatan kita bisa urunan utk beli kos2an di tmb…huahahaha…Tp..btw…bukannya lebih deketan lagi ke perumdos??

  14. gedung baru suda jd mbaaak,.
    sejak q semester 4 suda pindah k gedung baru,
    skrg q sem 5, c16🙂
    tp ruang himpunan, LP, dan IBS msh d gedung lma😦

  15. salam kenal yah..
    wah asik yah katanya gedung baru…tapi katanya panas yah? btw kl gedung baru kantinnya dimana?

  16. hm…gedung baru…semangat baru🙂

  17. pastinya mnyenangkan skali,,
    dulu cewe boleh nginap, skrang sudah ga bs, mungkin nie jg penyebab lbh senang kupu2… bolak-balik itu cukup repot, apa lg kalo kos ato rumah jauh..

  18. wah kak saya maba 2013 (calon C1D, blum diangkat :D)
    Salam kenal aja kk😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: