Hyperion System 9

Sudah 3 bulan ini saya belajar sebuah aplikasi baru bernama Hyperion. Berawal dari nol, akhirnya sekarang sedikit-sedikit saya tau apa itu Hyperion. Versi yang dipakai adalah Hyperion 9.3

Berikut sedikit bla bla bla tentang Hyperion….

Hyperion System 9 adalah sebuah software komputer untuk mendukung Business Performance Management (BPM). Hyperion System 9 mengintegrasikan sebuah modul aplikasi manajemen financial dengan kemampuan Business Intelligence (BI) yang komprehensif untuk pelaporan dan analisis. Penggunaan Hyperion System 9 mampu meningkatkan produktifitas user, biaya yang lebih rendah, serta menurunkan resiko bisnis. Lebih lengkapnya lihat di sini.

Untuk modul yang saya pelajari adalah HS 9 BI+ serta HS 9 Foundation Service.

Foundation Service mutlak diperlukan untuk menjalankan semua service yang dibutuhkan, dalam kasus saya adalah HS 9 BI+. Dalam HS 9 BI+ sendiri terdapat beberapa aplikasi dan tool, diantaranya:

  • Interactive Reporting Studio, (utk pembuatan dashboard interaktif)
  • Production Reporting Studio, (pembuatan laporan tercetak)
  • Dashboard Studio + Dashboard Architect (tool untuk desain dashboard)
  • Financial Reporting Studio (pembuatan laporan khusus untuk modul2 finance)

Sebenarnya untuk mencakup semua kebutuhan yang bisa kita dapatkan dari Hyperion, cukup dipenuhi dengan Interactive Reporting Studio (IR Studio). Dengan IR Studio, kita bisa menciptakan dashboard (meskipun tidak sesistematis pembuatan dashboard dengan Dashboard Studio, tetapi pembuatan dashboard di IR Studio rasanya lebih fleksibel), menampilkan chart, pivot, report dengan sangat amat mudah dan cepat (dibandingkan dengan tanpa menggunakan aplikasi BI).


Hyperion Installation

Namun sebelum memulai pengalaman dengan Hyperion, sebelumnya kita harus berpusing-pusing dulu dengan instalasinya yang lumayan ribet. (Sebenarnya saya ingin upload, tapi karena banyak image nya jadi ukurannya gede. Bagi yang membutuhkan, saya akan share dengan senang hati).


Hyperion Dashboard Development

Kemudian, berikut langkah pengembangan sebuah dashboard menggunakan IR Studio

  1. Pembuatan View.
  2. Pembuatan OCE.
  3. Pemilihan table/view, pemrosesan query, dan pembuatan computed item.
  4. Pembuatan object chart, pivot, table, dll.
  5. Jika menginginkan hasil yang lebih khusus, dapat dilakukan banyak sekali variasi dengan mengakses Object Script dari setiap object yang telah kita buat. (Sayangnya menggunakan Javascript yang mudah tapi kita harus rela berpanjang lebar dengan codingnya)
  6. Kompilasi object-object ke dalam dashboard.


Publishing Hyperion Dashboard

Setelah dashboard yang lengkap selesai dibuat, maka kita bisa mempublishnya untuk diakses oleh client lewat browser.

  1. Akses ke Hyperion Workspace (http://<namaserver&gt;:19000/workspace),
  2. Import file bqy ke Workspace,
  3. Publish file bqy dengan OCE yang dipakai,
  4. Atur user management untuk file bqy yang dipublish.

How to access Hyperion Dashboard from a browser

Setelah sukses dipublish, client dapat mengakses dashboard tersebut lewat browser (IE 6, atau Mozilla 1.5). Akses browser membutuhkan plugin yg harus diinstal tiap pertama kali browser client membuka halaman, tapi prosedur ini tidak rumit.

Berikut langkah-langkah akses user lewat browser

  1. Buka web browser (minimum IE 6), ketikkan url yang ingin diakses dengan format :

iHTML

http://<namaserver&gt;:<port>/workspace/browse/get/<folder path>/<nama file>

WebClient

http://<namaserver&gt;:<port>/workspace/browse/get/<folder path>/<nama file>?bqtype=plugin

  1. Log in user ke workspace,
  2. Aplikasi ditampilkan, siap digunakan

Nah, setelah semua selesai…voila…Dashboard Hyperion siap untuk dinikmati….berikut dengan kenyamanan untuk drill down chart dan pivot, kustomisasi chart dan pivot, serta kemudahan export import ke aplikasi Microsoft Office dan format pdf…


Tambahan….Plus & Minus

Plus…

  1. Cepat dan mudah
  2. Fitur-fiturnya lengkap

Minus

  1. Mahal (dibandingkan dengan hire orang untuk membuat aplikasi yang sama tanpa memakai Hyperion).
  2. Butuh requirement hardware yang tinggi (Server dgn prosesor min 4GHz dan Memory 4-8GB).
  3. Client yang mengakses pun memerlukan spek hardware yang tinggi (prosesor min 1.5Ghz dan free memory 256Mb, saat mengakses lewat browser – saya testing akses pakai laptop Pentium M 1.73Ghz dan RAM DDR 768Mb saja masih terasa nyendat saat mencoba create report dalam bentuk .doc)

Nah, setelah mengetahui sekilas tentang Hyperion, tentu saja semua kembali ke kita, apakah masih ingin menggunakan Hyperion atau tidak, tapi secara keseluruhan, saya bisa bilang kl aplikasi ini jika digunakan dengan tepat dan untuk kebutuhan yang memang banyak membutuhkan EIS dengan cepat, maka Hyperion adalah pilihan yang tepat. Tapi…lagi2…hati2 dengan lisensinya..pastikan sudah sesuai dengan agreement yang telah dibuat dengan agen Hyperion yang telah kita setujui.

Enjoy!!!

32 Responses

  1. Mbak kalau bisa dishare dong aplikasinya
    biar sekalian belajar nich

  2. @khoirul
    maksudnya dishare aplikasinya? Kalau share tutorial, instalasi, dsb sih mgkn saya bisa bantu, tp kl aplikasinya dgn tujuan pengen nyoba, maaf bgt saya nggak bisa membantu, karena sayangnya hyperion adalah produk berlisensi, selain itu besar sekali ukurannya. Krn keterbatasan waktu saya belum sempat share di blog ini, meskipun sudah ada rencana. Jadi kalau ada yg bisa saya bantu, silakan comment di blog saya. Hope this help🙂

  3. selain itu apakah bs memberikan keterangan hyperion essbase ? dan apakah yg dimaksud dgn Block Storage ?😀

    jadi secara rinci yg saya nangkap ni merupakan aplikasi untuk Executive IS kan ?

  4. Mbak…bisa share tutorial, instalasi dsb nya ngga?..
    Sekarang aku lagi mo coba install hyp..memang ribet sih..:(
    Please inform ya..

    Thank u…:)

  5. Klo boleh tau hyperion ini termasuk database ga?😀
    soalnya lagi nyari produk database yang non relational..😀
    sorry ya klo ga nyambung😀

  6. Terima kasih, saya bisa minta aplikasi Hyperionnya, karena saya tertarik, mohon japri : herjun_jp@yahoo.co.id

    regards

    HJP

  7. Mba, saya baru saja membaca blok ini. Sudah lumayan lama saya dengar Hyperion tapi ga tau apa hyperion itu dan bagaimana cara kerjanya.
    Begitu membaca blog Mba, saya sudah mendapat gambaran dan langsung tertarik.
    Kalau mba memiliki referensi yang bagus tentang Hyperion, apakah bersedia m-share kepada saya? Seperti file instalasi yang Mba sebutkan diatas, dsb.

    Saya sangat mengharapkan kesediaan Mba🙂

    Terima kasih banyak,

  8. mbak share dunk file tutorialnnya n step instalasinya di don.wrwan@yahoo.com klo kebesaran boleh ga minta cd burningnya nanti aq ganti,he3x,thanks a million

  9. @vodka
    keterangan lebih lanjut bs dibaca di hyperion.com😀

    @cana
    Hyp hanya berupa aplikasi untuk EIS, db tidak termasuk didalamnya, jadi kita bs pake dbms apapun yg disupport Hyp, seperti Oracle (9 s/d 10g) dan SQL Server 2000/2005

    @lucky, Mian Daonny
    tolong kasih saya imelnya, nanti saya kirimkan file2 instalasinya, kalau mau share lebih banyak bisa via imel

    @Herjun JP
    maaf nggak bisa share aplikasinya karena selain terkait license jg file instalasinya yg sangat besar (7 dvd). Tapi jika anda ingin share bbrp contoh aplikasi .bqy nya saya bs membantu

    @BI_newbie
    ok, saya kirimkan file instalasinya

  10. Bang boleh dong share Hyperion Installation procedure nya ? Perusaahaan lagi 2 cari BI tools yng cocok pilihanya Hyperion ato Cognos

    Salam

    Whisnu

  11. perusahaanku lagi pingin implement hyperion … bisa minta tolong ga, minta contact number atau email untuk consultant hyperion nya…
    thanks ya…
    kalo boleh share tutorial dan step instalasinya juga dunk…di y4yukr@yahoo.com

  12. Mba, maaf br dibalas skrg. Tutorial dan step instalasinya tolong dikirim ke email saya yah Mba, mian.daonny@gmail.com.

    Terima kasih sebelum dan sesudahnya..

    Salam,

    – Mian –

  13. boleh minta softwarenya gak? cuman untuk kepentingan belajar?

  14. Salam Kenal Mba…

    Setelah googling untuk mencari petunjuk installasi Hyperion System, akhirnya dipertemukan dengan blognya Mba Ulfa…:). Bolehkah saya meminta tutorial instalasi Hyperion Systemnya Mba..?. Bila boleh, minta tolong kirim ke email saya : izzudin_aq@yahoo.com.

    Terimakasih banyak atas bantuannya,
    Wassalam

    Izzudin Hanafie

  15. Wah Keren mbak artikelnya.. pengen belajar lebih lanjut tentang Hyperion. Saya aja yg sudah belajar selama 7 bulan belum secanggih itu. Boleh tolong sharing mbak File Installationnya atau tentang Dashbord Studio atau Interactive Reporting…? mungkin bs japri ke purnomo.heru@yahoo.com. Thx yah.

    Salam,
    Heru

  16. Mbak,

    Boleh dong minta file Installationnya. Klau ada screennya saat install boleh juga. Karena di perusahaan saya mau ada rencana pake hyperion. kirim ke : talakom@ymail.com

  17. Objektif..memang aplikasinya handal bukan cuma karena Oracle punya…saya pernah tahu aplikasi ini ketika support rekan2 finance. Kelihatannya menarik meskipun mind set saya tetap berpendapat kalau aplikasi-aplikasi oracle selalu lambat prosesnya hehehe…Selamat belajar Bu…jangan lupa sharing ilmunya..matur nuwun.

  18. Mba bs tolong kirimin aku prosedur instalasinya yg lengkap. File-file tutorialnya bs di share jg ga trutama untuk Essbase Analytic termasuk Calc Script, Interactive Reporting dan Dashboard Studio + Dashboard Architect. Kirimnya ke email ku aja ya. Terimakasih banyak ya. Btw Mba kerja di mana nih?

    • @Agung
      Sama2, saya udah kirimkan via email.
      Saya kerja di Dept. IT nya sebuah perusahaan pupuk di Bontang, Kaltim

  19. Mbak, artikelnya keren banget….

    menurut mbak jika di bandingkan antara hyperion dengan SAP kira-kira lebih baik mana ya sistemnya?

    maklum Newbie(baru lulus kuliah)

    saya tanya begitu karena dalam waktu 1 minggu kedepan saya harus bisa memutuskan mau belajar yang mana?

    mohon pencerahannya mbak…
    thanks…

    • maksudnya lebih baik dari segi apanya ya? karena hyperion dan sap adalah dua “hal” yg berbeda. Hyperion adalah aplikasi performance management (termasuk didalamnya Business Intelligent & Reporting), sedangkan SAP adalah ERP. Kalau dari segi “daya jual” ilmunya, dua2nya sama2 aplikasi yg “laku”, tapi secara user, tentu lebih banyak perusahaan yg memakai SAP. Tapi dua2nya sama2 aplikasi enterprise yg powerful kok. Jadi belajar dua2nya it’s OK. Nah sekarang tergantung anda yg menentukan pilihan…hth..

  20. Salam kenal,
    Bisa kirim juga step by step instalasi hyperionnya,
    Kirim saja ke ali.mahrus@gmail.com, thx.

  21. Salam kenal Mba,

    mudah2 an gak bosen y mba, jika masih berkenan saya bisa mendapatkan tutorial dan step instalasinya gak, kalo bs minta tulung sanget dikirim ke email saya y Mba, ephodob@gmail.com, maturnuwun

    Wassalam..🙂

  22. Samam kenal mb…

    Boleh tolong bagi2 segala hal tentang hyperion..
    Aku 3 bulan ini belajar dari sumber yang sangat minim sekali…
    Tlg kirim ke chath_87@yahoo.com y mb…
    thx a lot..

    Best Regards…

  23. minta tolong tutorial tsb disharing donk, ke iputu_j@yahoo.com, thanks ya atau bantuannya mbak.

  24. mba, tolong kirim tutorial mengenai instalasi dan semacamnya ke coolwilliam2000@yahoo.com
    thanks.

    best regard

  25. salam kenal mba,

    langsung saja neh mba, saya pingin belajar tapi gak tau harus mulai dari mana, terus tools apa yang dibutuhkan. kalau mba gak keberatan buat saya belajar, apa saja tools yang perlu dipersiapkan, karena saya blank banget masalah ini..terimakasih.

    terimakasih banyak jika jawaban saya dapat di kirimkan di afrianto007@yahoo.com.

  26. ass kak

    sebelumnya salam kenal ya kak..
    saya pengen banget tau banyak tentang artikel kak aulia ini,,, bisa share ke saya tutorial sama installasinya kak??
    iqbalconsqi@gmail.com

    saya tunggu kak,, terima kasih..

  27. If some one wants to be updated with most up-to-date technologies after that he must be go to
    see this site and be up to date every day.

  28. mbak ulie klo sofwware sejenis hyperion yang beredar di indonesia apa aja ya? trus kelebihan hyperion ini dibanding software lain yang sejenis apa aja ya? tolong informasinya ya,trims…

    Pratamaditiya@gmail.com

    • Software sejenis ada Cognos dan SAP BI itu pemain besarnya. Utk BI lain jg ada tp biasanya pilihan besar ada 3 itu. Kl kelebihan Hyp dibanding yg lain utk versi terbaru sy kurang ngikutin jd mgkn blm bisa kasih saran. Hth

  29. Mbak boleh donk minta kirimkan tutorial Dan step installasinya kirim ke yudi211002@gmail.com

    Makasih yaa.

Leave a Reply

