Inggris, korban kesombongan diri (FA) ??

Akhirnya Inggris mengakhiri langkahnya untuk menuju putaran final Euro 2008. Tragis, itulah kata yang tepat. Semrawut itulah yang patut menggambarkan permainan Inggris dini hari tadi. Bahkan mengutip kata-kata komentator StarSport, ”England didn’t play a modern game”. Mereka juga menyalahkan McLaren yang salah menerapkan pola susunan pemain (4-5-1), dan akhirnya ’balik kucing’ ke 4-4-2 setelah mungkin menyadari kesalahannya.

Lini depan bekerja lumayan bagus, Dua jempol buat Crouch dan Beckham. Gerard sepertinya tidak bermain dengan maksimal. Yang lain biasa aja. Yang parah adalah lini belakang plus kiper. Bisa dilihat dua gol pertama Kroasia diperoleh secara ”Cuma-Cuma” karena kesalahan Carson serta lini belakang Inggris , kiper yang baru memperkuat timnas senior dua kali ini. Hampir juga pemain belakang Inggris Bridge, membuat gol bunuh diri, untung saja masih terhadang mistar gawang.

Sontekan Crouch memang cantik, two-touch yg mengesankan. Ditambah gol dari hasil sempritan di titik putih. Tapi ternyata semua itu belum cukup membawa Inggris melaju ke Austria-Swiss. Terang saja penonton kecewa, dan publik Inggris yang terkenal “kejam” itu langsung saja meneriakkan “boooo” setelah peluit panjang dibunyikan. Tapi sebagian juga ada yang memberikan standing ovation. Pers Inggris lebih pedas lagi, bisa ditebak apa yang langsung mereka lontarkan. Komentator StarSport langsung memberikan daftar ”The Next England Manager”. Salah satunya yang disebut adalah Alan Shearer. Saya Cuma bisa berharap, semoga Inggris tidak mengulang lagi kesalahannya dengan menuruti kesombongan diri bahwa dari sekian juta pemain dan pelatih yg ”Orang Inggris”, pasti ada yang bisa membawa Timnas mereka untuk memenangi ajang internasional. Kesombongan itu sekarang berbuah pahit. Dan McLaren sepertinya juga enggan untuk mundur, meskipun dia mengakui kesalahannya. But he will have to go, eventually…karena sudah hampir pasti FA pasti memecatnya.

Kita doakan saja, semoga FA tidak lagi “sombong” dan mampu memilih manager yang tepat untuk bintang-bintang muda Inggris yang haus akan gelar, serta fans Inggris yang sudah terlalu lama menunggu.

(Terpaksa saya harus berpindah ke lain hati untuk sementara untuk Euro kali ini. Needed, The Winning Team…siapa mau jadi Winning Team saya???!!!)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: