TIPS MENGURUS SENDIRI VISA TURIS AUSTRALIA

Jika anda memutuskan untuk melakukan perjalanan wisata mandiri (tanpa mengikuti tour), maka salah satu hal yang harus dilakukan adalah mengurus visa sendiri. Mengurus visa bukanlah sesuatu hal yang ribet dan menakutkan, jika kita telah melengkapi segala persyaratan yang diajukan oleh masing-masing kedutaan negara yang akan kita kunjungi.

Pengalaman ini saya alami sendiri waktu melamar visa Australia pada awal tahun 2011 ini. Dibantu oleh teman saya (Yudha ) yang membantu proses pelamaran visa, alhamdulillah tepat 4 hari dari waktu apply, jawaban visa sudah saya terima, dan Approved!

Beberapa negara telah menyediakan company khusus untuk mengurus visa ke negara mereka, untuk Australia diurus oleh PT. VFS, website di www.vfs-au-id.com jadi PT. VFS inilah nantinya yang akan mengurus aplikasi visa anda dan meneruskannya ke kedubes Australia di Indonesia.

Untuk membantu teman-teman yang membutuhkan info pembuatan visa turis ke Oz, berikut persyaratannya :

  1. Formulir Pengajuan Visa 48R yang telah diisi, dapat didownload di http://www.immi.gov.au/allforms/foreign/48rind.pdf
  2. Asli Paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan kedepan
  3. Asli Paspor lama yang sudah tidak berlaku (jika ada paspor lama)
  4. Copy KTP
  5. Copy Kartu Keluarga
  6. Copy Akte Kelahiran
  7. Copy Surat Nikah (jika sudah menikah)
  8. Copy NPWP
  9. Asli Surat Izin dari Suami/Istri, jika bepergian sendiri tanpa Suami/Istri
  10. Asli Surat Sponsor Perusahaan Tempat Bekerja –> menerangkan bahwa kita benar-benar bekerja di tempat tsb, akan kembali bekerja/tidak untuk menetap di Australia, dan dipergunakan untuk melamar visa. Untuk istri/suami yang ikut dan bekerja, sebaiknya juga menyertakan Surat Sponsor Asli Perusahaan, jika istri/suami tidak bekerja, bisa dicantumkan nama istri/suami/anak yang berada di bawah tanggungannya untuk dicantumkan dalam surat sponsor perusahaan.
  11. Asli Pasfoto 3×4 dan 4×6, latar belakang putih, masing-masing 1 lembar, tampak zoom wajah.
  12. Copy Rekening Koran Tabungan, selama 3 bulan terakhir –> Tidak ada jumlah pasti harus berapa puluh juta untuk bisa diapprove, pihak kedutaan hanya akan memastikan bahwa kita mempunyai cukup dana selama di Oz. Pengalaman saya, agar diapprove biaya selama di Oz untuk satu orang per minggu adalah Rp. 25 juta. Tentu saja harap mencantumkan lama kunjungan maksimal 1 minggu saja.
  13. Asli Invitation Letter dari teman/saudara yang berada di Australia –> Pastikan mengirimkan scan invitation letter terlebih dahulu sebelum mengirimkan via pos, dan kirimkan dengan registered pos (memang agak mahal sekitar 30 AUD dari Oz ke Indonesia), karena pengalaman saya dikirim via regular mail ternyata tak sampai tujuan. Scan invitation letter bisa dipakai terlebih dahulu jika yang asli masih dalam pengiriman. Akan lebih meyakinkan jika Invitation Letter dibuat oleh Native Australian (Asli warga negara Australia) atau paling tidak Permanent Resident. Karena teman saya pernah punya pengalaman Invitation Letter dibuat oleh temannya yang WNI dan berstatus pemegang visa mahasiswa yang baru tinggal setahun, ditolak visanya.
  14. Copy ID Card/Driving License pembuat Invitation Letter
  15. Copy Birth Certificate pembuat Invitation Letter
  16. Copy Passport pembuat Invitation Letter
  17. Asli Surat Kuasa di atas materai, jika mewakilkan pengurusan visa ke orang lain.

-          Biaya Visa Oz bisa dilihat di http://www.indonesia.embassy.gov.au/jakt/VisaFees.html

Untuk visa turis Februari 2011 sebesar Rp. 970 ribu + Biaya Pembuatan visa Rp. 160 ribu, jadi total yang diserahkan ke VFS sebesar Rp. 1.130.000,-

-          Biaya yang telah dibayarkan tersebut tidak akan dikembalikan jika visa anda ditolak, jadi harap diperhatikan bahwa persyaratan yang dibutuhkan telah dilengkapi semuanya.

-          Untuk jenis visa ada beberapa, diantaranya : single entry dan multiple entry. Jika memang anda tidak merencanakan untuk pergi ke Australia beberapa kali dalam setahun, dan baru pertama kali melamar visa Australia, sebaiknya memilih single entry.

-          Jangan ragu untuk bertanya kepada petugas VFS pada waktu menyerahkan berkas (jika mengurus sendiri), apakah berkas anda sudah lengkap atau masih ada yang kurang.

-          Untuk penyerahan berkas bisa jam kapan saja selama jam kantor, tetapi untuk pengambilan hasil jawaban visa, biasanya setelah jam 2 siang di kantor VFS.

-          Anda dapat melakukan tracking online aplikasi visa anda di http://www.vfs-au-id.com/bahasa/track.aspx

-          Jika anda merasa repot untuk datang ke kantor VFS, maka anda juga dapat mengirimkan aplikasi visa anda melalui pos, info selengkapnya di http://www.vfs-au-id.com/bahasa/Postal.aspx

-          Jika berkas anda lengkap seluruhnya, biasanya membutuhkan waktu 4 hari kerja sampai ada jawaban hasil visa.

-          Jangan dulu membeli tiket pesawat atau hotel sebelum visa anda approved. VFS tidak membutuhkan anda membeli tiket pesawat atau hotel, cukup memberi info dimana anda akan tinggal selama di sana, bukti booking hotel juga cukup. Jika anda tinggal di tempat keluarga atau teman, maka cukup disebutkan di invitation letter.

-          Informasi ini hanyalah bersifat membantu sesama blogger, tidak menjamin bahwa visa anda akan 100% diterima, karena proses validasi dan approval berada di tangan kedutaan besar. Jadi Jangan lupa berdoa semoga visa anda approved :D

So, selamat membuat visa sendiri and good luck!!

Oya, berikut beberapa contoh dokumen yang diperlukan :

Letter of Sponsorship

Surat Keterangan Suami or Istri Contoh

SURAT KUASA Visa Contohdocx

NEW Invitation Letter

About these ads

177 Responses

  1. Mbak Ulliee…..,
    saya sudah baca Blognya, Bagus Bangeeet…. lebih lengkap dari yang saya buat, hehehe (*jadi minder nih sama bakat menulisnya).

    Semoga bisa menjadi pencerahan untuk sesama Blogger

    Oya…….Terima kasih atas referensinya. Sukses selalu dan salam juga buat keluarga yaaa…

    • selamat siang mba ullie
      mohom maaf saya tidak mengerti cara comment di blog, tapi ada beberapa hal yang saya ingin tanyakan tentang visa australia,jika kakak saya memberi sponsor kepada saya sebesar 40 juta apakah bisa untuk jangka waktu 17 hari? dan saya baru memasukan uang tabungan saya sebesar 30 juta hari ini ke bank saya dan sebelumnya bank saya tidak ada saldo apakah bisa menjadikannya bukti juga? dan apakah bisa diterima visanya? untuk dokumen yang lainnya saya sudah lengkap.

      terima kasih banyak atas bantuannya

    • mbak atau mas udah pernah ke australi?

  2. ehehe..ini aja udah 2 tahun vakum gak pernah nulis, berhubung habis dapat pencerahan dari oz ya jadi semangat pengen berbagi dengan kawan2 blogger lain.. sukses jg mas yudha!!

  3. wew, aktif juga akhirnya blognya. setelah ngilang beratahun-tahun.
    ribet juga yak.
    ke thailand gimana yak??

    • hehe..iya pak jadi males nulis..
      ribet sih enggak, cuma buanyak syarat2nya itu
      ke thailand masuk asean bukannya udh gak perlu visa ya cukup punya paspor aja? cmiiw

  4. Mbak ullie saya ini kan sudah gak kerja .saya punya penghasilan (dari pertanian)dan insyaalloh tabungan ada.. Saya di undang oleh fiance saya WN New Zealand yang sudah 4 tahun kerja di Ausi..
    Tolong minta saran nya apa bisa apply visa tanpa surat sponsor dari tempt kerja? atau SIUP..?

    Makasih ya mbak Ullie

    • Setahu saya, jika memiliki bisnis sendiri dan tidak ada kop surat perusahaan maka surat diketik diatas kertas putih polos dengan di cap perusahaan dan sertakan fotokopi NPWP dan SIUP, atau mungkin kl nggak ada SIUP copy SPT kali ya. Lalu sertakan surat undangan beserta scan/copy tanda pengenal dari fiance Mbak, yg menunjukkan sedang bekerja di Oz (bisa paspor atau visa kerja nya).
      Kl menurut saya begitu, tapi utk kepastiannya silakan hubungi kantor vfs Call Centre: +62 21 51401590/91 tapi biasanya selalu sibuk, jadi kl tidak bisa telepon, bisa email ke info.diacid@vfshelpline.com saya pernah imel responnya cepet kok, dibalas hari itu juga ;) good luck ya mbak Aisha

  5. Hi mbak ulliee, blog-nya membantu banget nie. tapi saya pingin tanya nie… insyaallah tahun depan saya mo married ama fiance yg WN Aussie. rencananya saya akan ngikut dia tinggal disana, Tolong minta sarannya bt pengurusan visanya donk, jenis visa apa yg hrs saya ambil ? Thanks before

  6. Jadi kalau sdh ada surat invitation dari pihak pengundang /sponsor apakah perlu surat keterangan lg dari perusahaan tempat pihak yg diundang bekerja apa ga perlu lg?thank you

  7. hai mba ulliee..
    saya mau tanya info ni..
    saya rencana ke australia sama ibu, dan saudara 2 orang. Saudara ini bukan saudara kandung. saya kan kerja mba, untuk surat sponsor dari perusahaan, apa mereka bertiga bisa diikutsertakan dalam surat sponsor saya? mengingat ibu saya ibu rumah tangga, dan dua saudara saya, yang satu ibu rumah tangga dan yang satu masih kuliah.
    thanks. regards.

    • @putri : yup bener banget, disertakan saja semua anggota keluarganya dalam surat sponsor perusahaan anda tsb dan status masing2 (misal: ibu kandung, ibu mertua, saudara kandung, dsb)

  8. @kezia
    kalau dari pengalaman saya, dua2nya tetap perlu, kl kita berstatus sbg karyawan. Kalau misal masih anak2 atau tidak bekerja, dan perginya bersama dengan keluarga yg bekerja, maka bisa disebutkan di surat sponsor perusahaan tempat keluarga kita yg ikut ke oz..kira2 begitu :)

  9. hai mba ulliee,
    saya ingin bertanya, saya akan liburan bersama ibu saya dan saudara kandung ibu saya. nah statusnya saya baru lulus kuliah dan masih belum bekerja, jd saya isi sebagai apa ya status pekerjaan nya di formulir??

    ibu saya owner pabrik, dan saya kerja di pabrik yg sama juga, apakah saya cantumkan saya bekerja di pabrik milik ibu saya atau saya cantumkan saya tdk bekerja? karena statusnya bukan bekerja resmi sih hehehe hanya bantu2 saja..

    terima kasih banyak atas bantuan dan informasi nya mbak :)

    • @muliani
      kayaknya sih boleh aja dibikin status pekerjaan bekerja di pabrik ibunya, karena nantinya mungkin sbg travel leader nya yg membuat surat keterangan pekerjaan atau surat keterangan usaha cukup satu orang aja dalam rombongan. Jadi mbak bisa ngikut ibu yg sbg owner pabrik
      hope this help :)

  10. mbak ulliee terima kasih buat infonya tentang visa ke aussie…btw saya mau tanya apa NPWP juga harus disertakan untuk syarat pembuatannya???dan menurut mbak dana yang ada di tabungan kita harus nyampe puluhan juta ya mbak??emang klw kira di bwah 10 juta kemungkinan bisa ditolak ya mbak??karena saya ada rencana diajak liburan ke aussie sama co saya,tapi costnya dia yang tanggung,mohon infonya ya mbak
    terima kasih banyak sebelumnya :)

    • @vee2
      kalau dulu npwp disertakan karena sbg syarat bebas fiskal. Denger2 skrg udah dihapus ya fiskal luar negri itu, waktu saya ke Oz awal 2011 sih masih pake npwp. Mungkin perlu tanya/email ke vfs utk lebih pastinya.
      Untuk dana sebenarnya hanya utk memastikan bahwa pas kita disana bisa hidup dengan layak dan tidak menimbulkan masalah. Dalam kasus anda kan pergi sama cowok, jadi ya pakai copy rekening cowoknya aja, dan pas di formulir visa dijelaskan bahwa pergi ke oz ditanggung oleh cowoknya, gitu :)
      hope this help

  11. mba ullie

    surat kuasa sebaiknya bahasa inggris atau bahasa indonesia ya mbak… saya kebetulan di papua. mau minta tolong urusin visa sama teman saya mbak

    • @hendra
      Untuk surat kuasa karena akan diuruskan orang lain pakai bahasa indonesia saja, bisa pakai contoh surat kuasa saya di link di atas sudah tersedia tinggal didownload dan silakan dipakai :)

  12. Mba ulliee,

    Invitation letter nya bisa pake no SIM si pengundang kah? atau harus no KP dia?

    Thanks.
    Liz

  13. Mba ulliee,

    Sorry satu lagi: ini reffer to siapa ya?”HRD kah? di sponsorship letter

    “Any assistance given to Mrs. xxxx ”

    Thanks a lot,
    Liza

    • @Liza
      Invitation letter tetap berbentuk surat yg ditandatangani pengundang dan disertakan bukti ID pengundang, bisa Driving License atau ditambah passport pengundang juga boleh.
      Mrs. xxxx itu maksudnya nama kita yg akan mengurus visa
      hope this help :)

  14. Mbak Ullie….seneng banget bisa lliat di blog ini…aq skg di taiwan,ada rencana mo ke oz jg,form aplikasi dah saya ambil langsung dr kedubes oz yg disini,kayaknya semua sih dah memenuhi syarat,cuma paspor saya hbs tgl 22 juni 2012,dan rencana saya pergi ke oz akhir januari 2012,bgm kira2 ya??? Lam manis buat mbak Ullie…bantuin ya mbak soalnya aq nekad nih urus sendiri…

    • Sebenernya gpp mba, minimal kan paspor berlaku 6bln. Dan saya dulu juga berangkat Maret 2011 dgn paspor berlaku sampai Sept 2011. Asalkan visa yg mba ambil adalah yg masa berlakunya tidak melebihi masa berlaku paspornya. Jadi dalam kasus mba visa nya apply yg 1 bulan atau 3 bulan aja, jangan apply yg 1 tahun. Dan saran saya kl baru pertama ke oz ambil aja yg single entry, kecuali memang perlu multiple. Gak ribet kok mba kl memang mau niat ngurus sendiri :) good luck yah

      • Mbak Ullie,thank banget buat supportnya…terus surat sponsor perusahaan/majikan perlu jg ya mbak?? Soalnya kebanyakan kita disini kan pekerja dari Indonesia yg otomatis WNI…aduhhh,pusing mbak,urus sendiri,bahasa disinipun banyak yg gak paham…hahaaa…
        Makasih sebelumnya…

  15. Mba Ullie,

    Makasih ya infonya, aku masih bingung nih urus visa sendiri apa pake travel agent ya baiknya? cos baru pertama kali apply niy. Btw, jadi gak perlu booking tiket dulu ya, aku mo apply visa dulu nih, klo approved baru deh pesen tiket.

    Thanks mba..have a good day

    • Sebenernya kl domisili ditempat yg ada konjen/kedutaan oz nya misal Jakarta dan punya waktu ngurus sendiri mending ngurus sendiri. Karena pernah teman saya ngurus visa (bukan ke oz sih, tapi ke Korea) dia lewat travel, malah krn travel nya kurang perhatian sama tujuan si yg bikin visa utk bisa di approved, jadinya malah buang uang karena gak diapproved. Kalo misal males ngurus sendiri, mending ke temen saya yg ada link nya diatas itu, sudah proven saya minta tolong dia utk ngurus visa oz dan hasilnya ok.
      Booking tiket ga usah dulu, krn pengalaman ada temen yg udah beli tiket segala macem ternyata gak diapproved malah repot ngurus refund :)

  16. Mba ulliee, saya ada rencana ke australia akhir taun ini smp awal januari. saya pernah ditolak sebelumnya walau saya ikut tour di travel agent. saya ingin mencoba apply sendiri ke vfs. apakah ada kemungkinan jika tidak ada invitation dari orng yang berdomisili di australia? karena teman saya belum dapat PR dan masih kuliah disana.

    • @amelia
      sebelumnya pernah ditolak sebabnya karena apa? Mungkin lebih baik kl kita tau penyebabnya sehingga bisa kita perbaiki kl memang pengen apply lagi. Mungkin kalau invitation letter nya hanya dari mahasiswa yg masih belum PR kurang kuat kali ya. Soalnya temen saya ke Korsel aja hanya dengan invitation letter temennya yg juga masih mahasiswa juga ditolak visa nya. Sebisa mungkin sih minta tolong teman yg sudah PR atau lebih baik lagi kalo punya kenalan/teman native australian. Lebih baik dipenuhi aja semua syaratnya dulu, karena kan sayang biaya visa 1jt melayang lagi kl ditolak. hope this help

  17. Waktu lalu ditolak karena tabungan saya meragukan… tabungan saya waktu sekitar 60 jutaan, dan karena pada saat mendekati apply visa sekitar 1 minggu ada penambahan sekitar 20 juta.

    Well.. kalo gt saya harus cari org ausie dulu yang bersedia invite saya :)

    Thanks atas infonya…

    • wah 80jt kl utk satu orang sih udh cukup banget itu, pengalaman saya 100jt utk 4 orang cukup kok (jadi @25jt)…
      iya utk amannya cari orang oz dulu ato PR aja.. good luck :)

      • mbak ulie, aq mau tnya itu uang 25jt itu saldo terakhir atau saldo nominal rata-rata per bulan yah?

  18. Hi mba Ulliee,

    Jum’at minggu kemarin aku apply tourist visa sendiri ke AVAC, dan Kamis kemarin sudah selesai and baru pertama kali apply its GRANTED! Seneng banget, ternyata ngurus sendiri itu gampang banget ya, staff dari AVAC helpfull sekali.
    Asal semua dokumenya lengkap sepertinya pasti di approve deh, syarat2 kelengkapan dokumen aku persis seperti yang mba saranin di blog ini, dan aku copy invitation letternya loh :D thanks a lot mba tulisan mba di blog ini membantu aku banget, berkat mba Visa ku di approve horeee…bulan Feb jadi pergi deh.. So happy..serasa dapet rezeki nomplok huehehe

    Sukses terus ya mba..
    Salam,
    Liza

  19. Mbak, jd prosesnya cm 4 hari? Pake interview gak? Thx

    • Kalau dokumen kita lengkap 4 hari insyaAllah sdh selesai, nggak pakai wawancara kok. Jadi penting utk memastikan sebelum apply bahwa persyaratan dokumen kita udah lengkap dan kuat semua

      • mBak, kalo gak ada invitation dan tidak ikut tour apakah ada kemungkinan diterima? tapi dokumen yang lain lengkap?

  20. @amelia
    wah saya nggak bisa jawab krn belum pernah punya referensi ttg visa Australia tanpa invitation letter. Hanya kl menurut saya akan riskan kalau tidak ada invitation letter. Temen saya aja ke Korea pakai invitation letter dari temannya yg statusnya pelajar (visa pelajar) ditolak. Jadi ya amannya harus ada invitation letter, bisa dari native australian atau teman/keluarga yg sudah jadi PR atau sudah lama tinggal di sana

  21. Mba ullie saya mau tny nih, saya mau apply visa australia bersama anak saya yg 2,5 thn. Kalau untuk saya form 48R, tapi untuk anak saya apa form 48R jg ? Anak saya sudah passport terpisah. Thnx

  22. slamat mlm mbak, minta nasehat dan solusinya,.sy terus terang orang kampung ngak pernah ke luar negeri. sy ditawari kerja di perkebunan di australia, pasport 48 halaman , data2 dll udah kita siapkan, jika sdh ada sponshorship tapi kalau tanpa rek.tabungan, kira2 bisa ngak mbk ya visa bisa turun masalahnya memang kita ngak punya tabungan,.trims sbelumya

    • @hermawan
      wah kl utk visa kerja saya kurang tau, seharusnya kalau misal visa kerja dan sudah ada sponsorship resmi dari perusahaan pengundang di australia tidak perlu lagi rekening tabungan. Utk info lebih lanjut bisa hubungi vfs Call Centre: +62 21 51401590/91 tapi biasanya selalu sibuk, jadi kl tidak bisa telepon, bisa email ke info.diacid@vfshelpline.com saya pernah email responnya cepet kok, dibalas hari itu juga

  23. minta saran mbk..?aku pny sodara di austrli tp gak mau pake invitation letter..nyuruh nglamar lewat embasay austrli..,yang aku tanyain sama mbk,bisa gak kalo bilang pny sodara di aust gtu aja,trus di beri tau almt rmh plus nama, sama kedutaan?
    trus untuk tabungan 25jt buat 2 org boleh ngak.,untuk bekalnya.
    trima kasih mbk..salam kenal

    • @thomas
      Sebaiknya pakai invitation letter utk amannya, contoh bisa dilihat di link di post saya ini. Karena kl cuma bilang punya saudara gak ada bukti kuat yg menunjukkan itu. Dan invitation letter kalau bisa ada copy paspor atau Driving License dari yg invite.
      Kalau utk tabungan segitu kali bisa aja, jadi nanti utk keterangan di aplikasi visa, ditulis aja durasi berkunjung ke oz nya diperpendek, misal cuma 1 minggu. Krn biasanya biaya diperkirakan cukup untuk membiayai selama durasi kita di sana. semakin lama durasi tentu saja semakin tinggi biaya.

  24. salam kenal mba…
    mba mau tanya masih bingung soal visa niy…
    rencananya saya mo ke oz bulan september… lamanya mungkin mpe 3 bulan…masalahnya saya mau resign dari tempat kerja saya yg sekarang sekitar bula juni dan saya baru akan ajuin visa-nya bulan july… jadi kan nanti saat saya ajuin visa status saya udah bukan karyawan lagi mba?trus ga ada usaha juga…tp saya ada kenalan native Aus. yg undang saya ke sana… apakah cukup invitation letter dr dy bisa?karena saya ga ada surat keterangan kerja dari perusahaan… tp yg saya tau pihak pengundang itu harus keluarga kandung klo cm temen ga bisa.. gmana dong mba…. sangat di tunggu sarannya……ato mba ada kenalan yg bisa urus visa ga? mhn referensinya…..

    thx b4

    mya

    • sebaiknya sih apply visa dari sekarang pas masih aktif kerja aja, jadi sebelum resign minta dulu surat keterangan kerjanya, lalu apply visa. Untuk invitation letter bisa minta ke kenalan yg native oz itu.
      Pengundang gak mesti saudara kandung, yg penting ada bukti otentik, misal copy driving license and or copy pasport dia, dan cantumkan alamat tinggal temen tsb yg jelas plus nomer telepon yg bisa dihubungi, siapa tau pihak embassy bakal cross check ke temen native tsb.
      Saya waktu ke oz taun lalu jg invitation letter dari native oz yang cuma temen aja, ngga ada hubungan keluarga apa2.
      Ngurus visa bisa ke temen saya Yudha, link blog nya berikut, bisa comment ke dia trus bisa minta email or hp

      http://catatan-yudha.blogspot.com/2009/05/mengurus-visa-tourist-australia.html

  25. mbak ulie terus terang saya sangat interest sekali kerja di australia tapi saya pengenya pake visa turis gimana ya mbak bisa gak? mohon saran dan nasehatnya! thanks

    • @riman
      kalau untuk kerja pakai visa turis, setau saya cuma bisa kerja part time, jadi dibatasi berapa jam gitu seminggu. Kalau kerja yg resmi tidak diperbolehkan pakai visa turis, kalau misal tetap bekerja dgn visa turis, kalau ketahuan pemerintah oz, akan berujung dideportasi dan di black list. Setau saya gitu sih.
      Jadi kl misal pengen kerja di sana mungkin bisa ngelamar secara resmi, bisa pakai visa kerja atau ngelamar green card.
      hope this help

  26. mbak…mo nanya..saya dan teman saya rencana pergi ke aussie,,..bolehkah temen saya menjamin saya dgn rek tabungan dia?

    • Kalau menurut pengalaman saya itu bisa, nanti di form permohonan visa 48R ada pertanyaan sumber dana utk perjalanan, nah disitu diisi saja nama teman tsb dan dijelaskan bahwa akan bepergian bersama. Tentu saja sebaiknya apply visa nya bersamaan ya
      good luck :)

  27. hai mbk ullie,
    mbk,saya tami,surabaya,saya kadung udh dpt tiket promo air asia sby-syd-sby ntr 5-14 april 2012,sebaiknya saya urus visa kapan ya? tabungan saya msh 10jt, teman native oz saya berubah pikiran gak mau bikinin invitation letter,,kalo refund ticket gabisa,jadi eman/sayang maka sy niat tetep berangkat dijalanin aja..minta saran mbk ullie,copy kartu kredit perlu gak di ikutkan dlm apply visa ntr,,sy rencana urus visa tgl 19 maret ke jkt,thx

    • sebaiknya urusnya secepatnya, kan nggak harus datang ke jkt utk mengurus, bisa dikirim lewat pos semua persyaratannya, atau minta tolong teman yg di jkt, tapi kalau mau datang langsung ya gpp.
      Mengenai tabungan cuma 10 juta, bisa aja di dalam form 48R nya diisi berkunjung singkat aja, misal 3-4 hari jadi 10jt utk 3-4 hari diperkirakan cukup. Jadi gak usah disertakan copy/info tiketnya dulu. Krn kalau menurut tiket kan disana sekitar 9 hari, nah yg dilihat sebenarnya cukup nggak uang kita itu utk membiayai kita selama di oz. Takutnya kl tiket diikutkan nanti dipikir 10 juta nggak cukup utk membiayai perjalanan selama 9 hari itu. Dan memang ada tiket return gak menjamin pasti di approve visanya. Lalu utk alamat tinggal selama di sana, pakai alamat teman yg bisa membuatkan invitation letter tsb.
      Untuk invitation leter sebaiknya harus ada, usahakan misal bukan native oz ya mungkin kenalan yg udah Permanent Resident sana.
      Sayang jg kalo udah beli tiket promo dan hangus. Semoga membantu ya :)

  28. Haloo Mbak Ullie.. Infonya pas banget sama saya yg kebetulan jg mau apply visa ausie.. Mbak saya mo nanya, dlm invitation letter apa jg perlu dilampirkan slip gaji (/rek koran/ surat dr perush or semacamnya gt) pengundang? Invitation saya dr wni yg tinggal sana lama dan sudah pR. Terus kalau misalnya invitation letter nya dr tmn saya wni tp kuliah sana sudah 3 tahunan lbh tp tetap dgn student visa, kira2 bisa ga ya?
    Mohon dijawab ya mbak.. Makasihh banget ;)

    • Dokumen dari pengundang cukup Driving License/ ID Card / Passport aja sih pengalaman saya. Tapi kalau misal mau disertakan utk jaga2 ya gpp juga.
      Kalau misal bisa dapat invitation letter dari PR mending dari PR, pengalaman temen saya ke Korea pake invitation letter dari temen yg student visa pernah ditolak.
      ok, hope this help ;)

      • pagi mbak ullie.. akhirnya saya mengurus visa di travel agent, dan kemarib sore hasilnya ketolak! huhuhu sedih nih :( alasannya simple, mrk ga yakin saya kesana cuma buat berlibur meskipun saya pernah kemana2 pernah skolah diluar jg tetap mreka ga yakin. gituuuu.. padahal dokumen saya suda lengkap smua, dokumen dr si pengundang jg lengkap bahkan saya sertakan bank statement nya jugaaa.. untuk info, di surat kerja saya ditulis kalau sy suda 2 taun bekerja dan akan cuti dan berlibur ke ausie 3mg. rek koran jg waktu itu mencapai 50jt lbh. kenapa ya ms bisa ditolak? apa mgkn krn terlalu lama jangka kunjungan nya? kira2 kpn saya bisa apply lg? rencananya sih saya mau apply lagi tp ikt tour jd uda ga jalan sendiri lg.. kira2 bgmn ya mbak? apa ms bisa ditolak lg yah?
        maaf mbak panjanggg.. lg bingung ini ga tau harus gimanaa.. makasih sebelumnya

  29. mba, tks sarannya…
    dan kebetulan saya emang udh minta surat sponsor dari perusahaan..dan surat sponsornya sdh ada di tangan tp masalahnya yang tanda tangan surat tsb Supervisor saya, bukan HR manager, namun di surat tsb ada kop surat sama cap-nya, gmana tuh mba? apa gpp klo yg ttd SPV atau harus HR Manager??? saya jadi bingung..

    • Sebenernya ngga ada nyebut harus HR Manager sih, di situs nya vfs berikut http://www.indonesia.embassy.gov.au/jakt/Checklist_Visitor.html cuma disebut begini saya kutip ya,
      “If you are employed, evidence of your employment. This is usually a statement on company letterhead from your employer stating your job role, length of employment, salary, and the period of approved leave. ”
      Jadi yg penting ada kop dan cap dr perusahaan. Biasanya kl di perusahaan2 yg menerbitkan surat eksternal kan minimal HR. Tapi misal bisa dapat dari spv aja menurut saya sih ga masalah

  30. mbak boleh minta saranya,.. ? saya bekerja di fotografer service dibali, selama bekerja ada tamu yang bersedia mensponsori saya untuk berkunjung di australia, dua sponsor, masalahnya saya mempunyai masalah dengan suami saya dan masih belum selesai. Bagaimana jika saya tidak mencantumkan surat ijin dari suami saya ??

  31. Hallo mb ulie saya mau nanya doong, saya baru aja kmrn di tolak visa saya, saya mau ajukan lagi rencananya dl yg urus travel agen tp dia kurang koporatif seperti yg mb ulie tulis di blog ini. Saya di wawancara by telpon saya kaget banged sangking deg2an saya jawab terkesan tidak bersungguh2 akan ke sana. Karna saya kan blm beli tiket, booking hotel. Saya pikir kan travel yg take care semuanya. Saya blm pernah ke luar negri, jd aus mrpkn kunjugan saya yg pertama. Saya ingin mencoba urus sendiri visanya, saya harus gmn ya mb buat meyakinkan mrk bhw saya bersungguh2 akan ke aus. Maksih mb ulie buat sarannya.

    • Karena apply visa oz nggak perlu wawancara dgn pihak vfs, maka mereka hanya bisa memutuskan kita serius apa nggak hanya dari kelengkapan dokumen yg kita submit. Jadi sebaiknya semua dokumen, seperti yg saya list di atas dilengkapi semua pada waktu diserahkan ke vfs. hth :)

  32. Hi.. mba Ulie,
    Saya mau tanya mba, saya ke oz dibiyayai oleh teman saya pr di Oz, nah untuk rekening banknya pake rek. dia bisa/tidak(karena kalo rek. saya kosong)?

    • Bisa aja kok, kan di form aplikasi visa (form 48R, saya lupa tepatnya di halaman brp) itu disebutkan, siapa yg menanggung biaya kita kesana. Jadi nanti di invitation letter dari temen itu minta utk dia tulis bahwa semua biaya sewaktu anda di oz dibiayai oleh teman yg PR tersebut. jangan lupa dokumen pendukung lengkap semua (termasuk copy driving license dan copy passport pengundang tsb)

  33. Dear mbak Ullie,
    First off, aku salut banget dengan kesabaran mbak yg jawab semua pertanyaan dri temen2 di sini. Wah pasti banyak dpt pahala deh eheh :D
    Nah kalo ini pertanyaanku, semoga dijawab ya mbak :)
    Aku lg kuliah semester akhir nih, tapi skrg lg magang buat tugas akhir.Nah rencananya bulan july nanti mau ke oz (dsn approx selama 10hr-2minggu) karena pacarku Native aus dan mau ketemu orang tuanya. seluruh biaya (tiket PP+akomodasi) ditanggung pacarku ini. Aku baru pertama kali nih ke LN , dan bingung mau urusnya sm travel atau urus sendiri ke vfs. terus juga, NPWP itu kan buat org yg udah kerja ya mbak, aku ga punya itu kira2 bisa approved ga yah? (scra aku msh kuliah dan skrg kerja statusnya cuma intern alias magang)
    pertanyaanku:
    1.dgn kondisi kaya gini cukup besar ga ya peluangku untuk dpt visanya? aku ragu karena si paspor msh perawan :(
    2. berhubung pacarku yg australian ini yg sponsorin aku,brarti aku perlu submit rek.koran 3 bulan trakhir punya dia ya?
    3. soal minimum balance, di tabunganku ga ada yg banyak2 mbak (maklum buka tabungan aja baru 2 bulan yg lalu haha) jadi yaa..adanya dibawah 10juta mungkin. itu ngga papa?aku mention trip aku mungkin 3 hri aja ya?
    4.Menurut mbak,perlu ga sih cantumin foto2 kami/email conversation/print tiket pesawat pacarku yg udah bolak balik ke indo 3x untuk convince pihak kedutaan bahwa itu memang pacarku dan kami saling kenal? soalnya ada pengalaman temenku ditolak visanya bulan lalu (pcarnya jg orang oz dan sekarang dia mau kasih berkas2 selebay-lebaynya hahaha trmasuk foto2 itu)

    ya itu aja dulu mbak nanyanya. huhuhu maap yah mbak, sini masih kampungan blm pernah going abroad jadi lagi nyari info selengkap-lengkapnya :)
    makasih banyak Mbak Ullie, GBU =D

    -sya

    • sebenarnya yg penting kelengkapan dan kepercayaan vfs ke aplikasi kita sih. Jadi usahakan selengkap mungkin, misal ada bukti2 lain yg memperkuat yang kira2 relevan silakan aja disertakan nggak masalah. Kalau misal pacar bisa ngasi copy rek tabungannya lebih bagus lagi sepertinya ya. Mention trip ya sewajarnya saja 3-5 hari nggak masalah sepertinya ya, tapi jangan lupa nanti di form 48R dijelaskan ya alasan ke oz ngapain, ditulis aja mau mengunjungi keluarga pacar yg native oz, kemudian semua biaya ditanggung oleh pacar. Oya jgn lupa copy driving license, sama passport pacarnya yah. Trus kalau misal bisa sih invitation letter nya dikirim asli dari oz by mail lalu surat asli tsb dikirim juga ke aplikasi ke vfs nya. Kalau misal lama, bisa aja minta tolong ke pacarnya utk scan surat tsb beserta driv license dan passport lalu disertakan di aplikasi.
      Moga bisa membantu ya :)

      • wahh mbak makasih ya jawabannya :D
        Kayanya aku mau konsultasi dan minta bantuan sama mas Yudha teman mbak itu deh ehehehe. Terpercaya ya mbak? aku udah kirim msg di fb untuk beliau.
        Sekali lagi thanksss mbak jawabannya . Salam hangat untuk keluarga :)

  34. eh mbak maaf ada sedikiit pertanyaan lagi..
    visitor visa itu valid untuk 1 bulan atau3 bulan ya mbak?dan itu berlaku sejak visa dikeluarkan ya?
    misal aku mau perjalanan tgl 1 july-15 july. kalo aku apply sejak bulan april ini gmn? atau apply nanti aja bulan mei/june?
    Thanks heaps :)

    • Kalau melihat dari stempel visa punya saya dulu sih bunyinya gini,
      Granted 18 feb 2011, must not arrive after 18 may 2011. Single travel.
      Holders permitted to remain in aus for 3 months from date of arrival.
      Tapi yg ngga saya tau apakah misal masuk bulan mei dan masih bisa stay sampai 3 bln setelahnya. Bisa konfirmasi ke vfs utk menanyakan ini, bisa via email juga kok responnya cepet.
      Jadi krn proses visa sendiri jg cuma 4 hari kerja, kl berangkat juli mending urusnya mei-juni aja kl menurut saya. Kalau mau minta tolong dgn mas Yudha silakan aja beliau sangat helpful kok. ok good luck ;)

  35. mba ullie..ini blogya berguna bgt nih…saya pengen nanya donk..banyak nih kayaknya pertanyaan saya..mudah2an mba ga capek ya untuk jawab pertanyaan saya ^_^….saya bersama istri, ayah (pensiunan) dan ibu saya ada rencana mau liburan ke australi juni ini…dan rencana mau urus visa mulai minggu depan. nah masalahnya sekarang apakah akan bermasalah kalau ayah saya yang sudah pensiun itu ikut serta? kalau untuk biaya sih kita masing-masing…ayah menanggung ibu saya, dan saya menanggung istri dan anak saya.

    lalu misal kita mengajukannya bareng2 nih. trus ada salah satu ditolak. apa yang lainnya bisa kena imbas penolakan juga. untuk pasport ayah dan saya sendiri kebetulan masih kosong karena baru perpanjang tahun kemaren. sedangkan pasport lama kita isinya semua perjalanan umroh ke arab saudi. apa itu bisa jadi boomerang kalau kita lampirkan pasport lama yang ada isinya perjalanan umroh? saya takutnya ntar disangka terorist lagi….lalu untuk masalah saldo minimal..kebetulan saya pas2an 50 juta…itu juga harus nunggu gajian bulan ini baru kesampean :(….itu gimana ya? kira2 bisa ga ya untuk 3 orang? untuk laporan keuangan itu kita cuma foto copy buku rekening kita aja ya? perlu di legalisir sama banknya ga ya?

    lalu apa harus melampirkan gaji kita didalam surat sponsor dari perusahaan seperti yang tercantum pada link ini?

    http://www.indonesia.embassy.gov.au/jakt/Checklist_Visitor.html

    dan apa perlu menggunakan materai untuk surat sponsor? kebetulan kami semua sudah membeli tiket (kebetulan tiket promo) dari satu tahun yang lalu dan hotel tempat menginap. apa dengan melampirkan fotocopy tiket dan bookingan hotel bisa membantu untuk meyakinkan kedutaan supaya visa bisa keluar? soalnya sayang kalau sampe ditolak (amit2) tuh tiket ga bisa di refund :(

    mohon dijawab ya mba pertanyaan saya…saya cuma ingin nyenengin keluarga…soalnya ga pernah kita pergi wisata keluar negeri dengan keluarga semua ikut kaya gini…

    • mas webi, saya coba jawab satu2 ya :)
      1. Pergi rombongan dgn ortu yg udah pensiun ga masalah kok. Jadi nanti aplikasi visa diajukan bersamaan 5 org tsb. Dan disitu dijelaskan sumber dana dari mas webi aja krn yg statusnya bekerja. Jadi nanti bujet milik ayah ibunya dimasukkan aja di rekeningnya mas webi biar keliatan banyak gitu dan cukup utk 5 org tsb. Kl misal kira2 satu orang ada bujet 15-20jt saya kira cukup wajar utk 1 minggu di oz. Saya dulu kl gak salah 2 minggu di oz dgn dana 115jt utk 4 orang. Jadi misal tiket yg udah telanjur dibeli pp itu masa tinggalnya lebih dari seminggu, saran saya gak usah diikutkan.
      2. Kalau booking hotel bolehlah dicantumkan krn akan dipakai sbg alamat kita selama di oz, yg juga dituliskan di form 48R.
      3. Kl utk masalah paspor yg ada visa saudi nya gak masalah kok, paspor saya n suami dulu jg ada visa haji nya. Paspor lama dipakai oleh vfs utk mengecek apakah pernah ada permohonan visa yg pernah ditolak. Jadi gak masalah paspor lama kl ada diikutin aja.
      4. Bukti keuangan cukup pakai cetak rekening koran asli dari bank aja kok, gak perlu disahkan lagi
      5. Slip gaji diikutkan jg gak masalah, tapi yg harus diikutkan adalah surat keterangan kerja/sponsor dari perush tempat kita bekerja, dan gak perlu pake materai, cukup ada kop perush sama stempel dari perush aja, kl bisa sih sponsorship tsb di ttd oleh manager HR perush kita.
      semoga membantu :)

  36. Terima kasih Tipsnya. pasti membatu bagi saya.

  37. Pertama saya mau ngucapin thanx a lot buat Mbak Ulliee yang mereferensikan nama saya di blog nya…. :D

    @Sya : Yudha pernah tanya ke AVAC bahwa sebelum tanggal visa berakhir dia bisa berangkat dan menghabiskan masa tinggalnya. seperti contoh Mbak Ulliee yang bunyinya

    “Granted 18 feb 2011, must not arrive after 18 may 2011. Single travel.
    Holders permitted to remain in aus for 3 months from date of arrival”

    MAKSUDNYA adalah Visa di kabulkan tanggal 18 feb 2011, dan harus tiba sebelum tanggal 18 May 2011. Untuk Masa Tinggal dan penggunaannya, Si pengguna visa boleh tinggal selama 3 bulan ke depan sejak dia tiba di Australia. jadi kalo UMPAMA tiba tanggal 17 May 2011 di Australia… dia bisa tinggal sampai tanggal 16 Agustus 2011.

    Demikian tambahan dari saya untuk penjelasan dari Mbak Ullie. Semoga Bermanfaat :)

    • @mas yudha,
      thanks buat tambahan infonya, moga blog ini bisa banyak bantu temen2 yg mau bikin visa ke oz :)

      • mba uli saya mau ta”y..
        Tmn saya kerja di sbuah resto ausie, dan ia mengajak saya untuk ksana jg, saya hrs pke visa ap???trs ap persyarat”y,berapa rp bajet yg harus ad di bank selama 3bln terakhir??susah ga proses”y…
        Maaf ya banyak na”y, maklum katro..hehhe…

  38. Halo mbak ullie ,
    Salam kenal ya, namaku Muliawaty. Aku berencana mau membawa 2 anakku berlibur ke aussie di akhir atau awal bulan july 2012 . Dan ini pertama kali saya mau apply visa aussie.
    Yang ingin saya khawatirkan Dan ingin tanyakan pendapat mbak, begini, saya single parents Dan mempunyai Surat cerai yg resmi. Apakah itu harus di cantumkan? Lalu saya skrg sudah resign Dan mencoba usaha sendiri kecil kecilan berjualan lewat on line… , apakah saya bisa memakai Ayah saya sebagai sponsor Dan melampirkan rek Ayah saya? , saya punya teman baik disana Dan mereka Akan memberi invitation letter ke saya.
    Dan passpor saya Dan anak ke2 Akan expire dibulan Maret 2013. Jikalau saya pergi pd katakan awl bulan July..,apakah berlaku?
    Dan sebaiknya Saran mbak saya mulai apply visa mulai kapan yah?
    Mohon pendapatnya mbak…,
    Terima kasih Dan sangat menghargai !! Sukses selalu

    • @Muliawaty
      ttg surat cerai saya belum tau jg ya, kl misal untuk status istri sebaiknya ada surat ijin suami, mungkin kl cerai bisa juga kali dicantumkan copy nya ya, mbak bisa tanya ke vfs masalah ini. Jadi mungkin pertama pas apply datang ke vfs siap2 bawa aja kopian nya, pas tanya kl misal sm vfs dibutuhin kan tinggal ngasi aja.
      Utk sponsor, jika ayah mbak punya dana mending saran saya dimasukkan aja sementara ke rekening mbak skrg, jadi pas apply visa kira2 mei kan dana itu udah mengendap di sana sebulan gt. 50-60jt utk 3 orang saya kira cukup. Kalo misal ayahnya mbak ikut mungkin bisa ayah sbg sponsor, tp krn gak ikut menurut saya mending pinjem dana itu tadi kali ya.
      Paspor masih aman dipakai sampai 6 bln sblm expire, jadi masih bisa. Apply visa kira2 1-2 bln sebelum brkt, paling mepet sebulan sebelumnya. jadi kl berangkat juli, apply mei ato juni.
      hope this help :)

  39. @candra
    kalau ke oz nya dalam rangka liburan pakai visa turis biasa. Syarat seperti yg saya tulis di posting atas, kl bujet sih kira2 20jt bisa cukup utk durasi stay seminggu. bisa baca comment2 nya jg ada bbrp info dari pengalaman temen2 lainnya juga

  40. hi mbak uli pa kbr?

    sya mo tanya mbak . saya punya cwok wg aus saya mau berkunjung ke aus. yg saya ingin tanyakan , sebaik nya saya mengunakan visa apa ya? kta cwok ku prospective married.
    masalahnya waktu bulan february 2012, saya sudah mengajukan visa touris. tapi di tolak alasanya saya gak punya pekerjan di indonesia.
    waktu saya mengajukan visa saya baru pulang dari hongkong . 4 hari langsung saya mengajukan visa aus, langsung di tolak pdahal pdahal cwok sya dah lengkap documenya,

    nah saya skrang mau mengajukan visa lagi
    lebih baik mengajukan visa apa ya? prospective married atau touris visa,semua biaya cwok sya yg tangung. bank statement minimal berapa bulan mbak? kalo tabungan sya di tambahin baru 1 mingu terus apply visa kira kira bisa gak mbka? semua documen cwok sya sudah lengkap dan dia yag menangung semu keuangan saya.

    jadi saya harus mengajukan visa . touris atau prospective married ?

    trima kasih banyak atas pertanyan saya semoga di jawab. trim!

    • @praty
      kalau memang ke oz nya hanya berkunjung lebih baik visa turis aja menurut saya sih. Kl utk jenis visa selain turis maaf saya nggak bisa komentar byk krn belum pernah punya pengalaman.
      Kl tabungan baru ditambahin bbrp minggu sepertinya sih nggak masalah, saya dulu jg baru seminggu dana masuk rekening lalu lamar visa.
      Yg paling penting adalah pihak kedutaan yakin bahwa jika kita pake visa turis maka kita pasti akan kembali ke Indonesia. ok good luck

  41. oh lupa mo tanya lagi. klo mengajukan prospective married visa itu susah banget gak sih mbak?
    bingung saya ,bukti bukti apa saja dari saya?tolonginformasinya ya mbak uli thank you!

  42. Hello Mba Uliee…
    thanks banget da share pengalamannya di sini.. AWESOME !!!

    kbetulan buln desember nanti tman sya ngajak jalan-jalan ke oz.
    untuk 11 hari..
    dan dia bersih keras mau Apply visa saya di bulan mei ini mba.
    cause kalu visanya di approve ,dia bisa dapat tiket yang murah untuk terbang di bulan desember nanti.

    persyaratan semua sudah di prsiapkan (untuk visa turis),
    dan tntu jga saya di sponsorin sama dia..dan akan kembali ke indonesia bareng

    oh ya,sperti yang tertera website.salah 1 persyrtannya untuk si sponsor. yaiitu
    si sponsor harus menyertakan copy bukti keungannya 3 bulan terahir saat penagjuan visa.
    >kata tmn sya,saya ga perlu untuk ngasih bukti copy tabungan sya ke kedutaan.karena smua biaya akomodasi dan biaya hidup slama disana dia yg nanggung,sperti yang sudah dijelaksan di Invitation letter .

    Pertanyaan saya mba :

    1. bagaiman menurt mb jika saya Apply visa bulan ini,.dan rencan bergktnya bulan desember nanti.?

    2. akan ga ya,kedutaan meminta bukti kopy tabungan keungan sya?
    saya belum punya si sebenrnya.mengigt karena sya masih mahasiswa , cause slam ini smua biaya hdup n kuliah smuanya dri ORTU ..Pieee ????

    3. tolong minta penjelasan lagi mengenai masa berlakunya visa..

    saya mau berterima kasih..sebelumnya :-)

    • @redy
      1. hal ini udh dibahas di atas oleh bapaqita (mas yudha), jadi misal visa anda di granted di 1 mei 2012, maka anda harus masuk oz paling lambat 3 bulan setelahnya, yaitu gak boleh lewat dari 1 Agustus 2012. Jadi kl mau brkt desember, apply visanya 3 bulan sebelumnya atau sekitar sept/okt.

      2. Bukti kopi tabungan sepertinya harus ya, tapi jika memang dalam aplikasi visa dan di invitation letter telah disebutkan bahwa akan ditanggung yg mengundang sepertinya gak masalah saldo gak sampe 25jt. Asalkan dokumen pendukung invitation letter nya kuat (kopi/scan Driver license, paspor, dsb dari yg mengundang warga native oz)

      3. masa berlaku visa udah dibahas di atas, search aja yah :) tapi utk visa single entry sih bisa stay di oz maksimal 3 bulan setelah anda masuk sana

  43. kalo invitation letternya hanya disertakan passport keluarga yang sudah nationality australian..bisa ga ya?tanpa ada driving lisence dsb.

    • sebenarnya amannya semua dokumen yg bisa mendukung disertakan aja, tapi kl adanya hanya passport sepertinya sih cukup, karena memang tidak ada petunjuk pasti harus apa aja back up docs dari pengundang

  44. Dear Mba Ulliee
    Mbak Uliie, saya Abi 32 thn, saya mau tanya, apakah bisa masuk ke Aussi tanpa agen dengan memakai Professionals and Skilled Migrants Visa?Jika bisa, apa saja dokumen yang saya siapkan. Mohon penjelasannya ya, Trim

    • wah maaf mas Abi, kl utk skilled visa saya belum pernah punya pengalaman. Udah nyoba cari info di immi.gov.au ?

  45. hallo mba, aku seneng deh baca2 tulisan dan jawaban semua pertanyaan yg ditujukan buat mba. berguna banget. mba, ada hal yg mau saya tanyain niy, kalo visa sudah pernah ditolak kira2 kapan ya bisa reapply lagi? thanks a lot mba atas jawabannya…

    • setau saya sih ngga ada peraturan tertulis ttg kapan bisa reapply lagi. Seharusnya kl ga ada peraturannya sih kapan aja bisa langsung reapply. Yg perlu diingat adalah usahakan semua info yg ditulis di form 48R itu benar, termasuk kalo pernah di reject ya ditulis aja direject. Utk lebih jelasnya langsung tanya ke petugas AVAC aja, sekalian tanya sebab rejected nya kenapa, jadi bisa kita perbaiki :)

  46. Dear Mba Ulliee, mohon pencerahan, utk aplikasi visa australia, jika ditolak, boleh apply berapa lama lagi setelah aplikasi ditolak, terima kasih utk petunjuk Mba…

  47. Saya ud 2 x k rejected oleh australian embassy. Ahhh.. Sgt” menjengkelkann skali.. Sy ambl visa pelajar.. Tp k2 nya d tolak.. Embassy austrlia kalau tdk mw menerima student..kenapa buka lowongann… Θĩ tolak dgn alasan” tdk masuk akall..

  48. Hallo mba Ulliee,
    Makasih info visanya. Bermanfaat banget. Mau tanya dong mba. Teman saya mau apply visa tetapi ga punya akte kelahiran. Apakah bisa cuma dengan copy keluarga saja atau dengan KTP. Terus untuk tabungan apakah boleh menggunakan deposito. Thanks sebelumnya.

    • @yuli
      di application checklist form 48R sih ngga menyebutkan akte kelahiran, kl ada KTP dan KK sih mungkin bisa sbg ganti bukti dokumen pribadi.
      Utk deposito saya kurang tau ya, tapi seharusnya sih bisa aja, karena deposito jg bisa dicairkan kapan saja.
      Keterangan lebih lanjut email ke avac langsung aja :)

  49. Hallo mba Ulliee,
    boleh minta bantuannya ya? begini mba… saya rencana mau ke aussie bulan januari ato februari 2013, tapi saya mau buat visa dalam bulan agustus depan. pada bagian awal mba ullie dah sebutkan dokumen2 yang dibutuhkan, bagaimana jika saat ini kondisi saya sedang tidak bekerja, apakah bisa saya apply visa turis? karena tujuan saya kesana adalah mengunjungi fiance saya dan dia yang akan menanggung seluruh keperluan saya selama disana. thanks before…. :)

    • @renata
      pengalaman dari bbrp teman yg apply ditolak karena tidak ada keterikatan dgn Indonesia shg dikhawatirkan akan menetap di Oz setelah sampai sana. Tapi jika bisa menunjukkan bukti dan di dalam invitation letter fiance anda menuliskan akan menanggung bahwa tidak akan menetap di Oz dan akan menanggung seluruh biaya selama di sana, mungkin bisa aja. Seperti contoh pada invitation letter yg saya share di atas.
      hope this help

      • thx mba ulliee bt jawabannya, boleh tanya lagi gak mba?
        kalo begitu saya gak perlu buat sponsor letter trus sebagai gantinya apa ada surat lain yang menunjukkan bukti kalo saya akan balik sini lagi (selain invitation letter dari fiance saya)? saya baca di web immi.au kalo pengurusannya bs lewat pos, kira2 aman gak ya mba (karena saya tinggal disurabaya)? karena kita kan harus sertakan asli pasport kita. pernah punya pengalaman buat visa lewat pos gak mba?

  50. alhamdulillah seneng bgt ketemu blog mba uliee…mhn masukannya nih mba..begini ..insyallah kk sy diaustralia akan melahirkan akhir september..rencananya kk sy minta ibu sy utk menemani disana selama pasca melahirkan krn rencana caecar..tetapi krn ibu sy ga ngertiklo pergi sendiri akhirnya sya ,suami dan anak sy yg masih 1,5thn akan ikut menemani..namun ibu sy tdk py rekening jd rencana akan pakai rekening sy utk membuktikan bhw sy yg biayai..itu bisa ga mba? kebetulan direkening sy ada 50jutaan..,dan pastinya krn suami ikut juga utk sy sendiri dibiayai oleh suami…rekening ada 100jutaan py suami….nah utk invitation letter dr kk cukup seperti yg dicontohkan py mba uliee? ,krn rencana sy n suami utk menemani ibu sy ..jd kami cm seminggu aja disana ,,dan sy inginnya visa ibu sy 3bulan disana,,,itu bisa ga yaa mengajukan visa ibu sy 3bulan dan ini pertama kali buat ibu sy ke oz….guna menemani anaknya pasca melahirkan caecar….dan kalo identits disana driving lisensenya atas nama mantunya bukan anak kandungnya gimana? sy lupa ty apa mereka sdh PR disana..

    makasih infonya…

    • @vinda
      Utk rekening ortu yg bepergian dgn kita bisa ditulis di form 48R bahwa ortunya dibiayai oleh Anda/suami. 150jt utk 4 org cukup.
      Utk invitation letter pastikan dibuat oleh PR/native, jika saudaranya bukan PR diusahakan minta tolong ke temannya yg udh PR/native.
      Nanti dijelasin aja di form 48R kl mau ke oz utk mengunjungi saudara yg melahirkan dan selama di oz akan tinggal disana. Ini disebutin jg di invitation letter ya.
      Utk lama tinggal sebaiknya Semua dibikin sama aja bhw mau stay selama 1-2 minggu. Tp misal ibunya mau stay disana sd 3 bln ya gpp, krn default visa single entry yg paling pendek itu boleh stay max 3 bln. Pastikan kembali ke indo sblm melewati 3 bln itu.
      Hope this help :)

  51. hello Ullie…. salam kenal…
    nama sy rosa….sy menikah dgn warga aus n tinggal di brisbane, aus… rencana ingin mengundang kakak sy ke sini krn sy masih temporary visa jd sy menggunakan invite letter dr suami… maret lalu kakak sy pernah apply visa di tolak krn dia applynya 3 bln jd pihak embassy curiga takut kakak sy ngak balik ke jkt lg…. nah kali ini kakak sy mau ke sini cuma 10hr bebarengan dgn cuti bersama idul fitri. surat ket kerja, dokumen yg di perlukan sudah lengkap… tp uang di tabungan kakak sy kurang dr 10jt… semua biaya kakak sy di tanggung suami sy… jd sy melampirkan bank statement suami jg statement CC suami.. jujur sy takut di tolak lg… soalnya kakak sy paspornya masih kosong jd blm pernah pengalaman jln2 ke luar negeri… sebenernya itu pengaruh ngak sih??? dulu sy apply spouse visa gampang bgt loh…
    tolong infonya ya ulie…
    Nb: kakak sy masih single
    thx
    Rosa Sullivan

    • Utk biaya bisa disebutkan di invitation letter bahwa semua biaya hidup selama disana akan ditanggung oleh suami anda dan dalam surat itu nyatakan bahwa suami anda menjamin kalau kakak anda hanya temporary visitor yg akan kembali ke indonesia. Sertakan copy rekening kakak anda dan suami anda. Lalu perkuat bukti bhw kakak anda akan kembali ke idonesia, misal dgn surat keterangan kerja dr perush kakak anda.
      Pilihan lain adalah dgn menggunakan family sponsored visa form 48S bisa dilihat disini http://www.immi.gov.au/allforms/pdf/48s.pdf
      Tapi utk prosesnya saya blm pernah punya pengalaman dgn 48S ini mgkn bisa call ke vfs langsung ttg ini

  52. hay mbak salam kenal.
    nama saya yuli. kebetulan saya berada di australia dengan menggunakan visa working holiday selama setahun dan kebetulan juga visa saya berakhir 30 November tahun ini. dan saya berencana untuk kembali lagi ke australia tahun depan sekitar Januari, dan setelah di australia saya berencana untuk mengajukan defacto visa ( seperti partnership visa) kira kira visa apa yah yang cocok untuk saya untuk januari besok? apakah sebagai visitor (dalam artian turis atau ada visa lain) terima kasih dan ditunggu balasannya :)

    • Maaf kebetulan sih saya blm ada pengalaman visa selain turis jadi mungkin ngga bisa memberi jawaban yg memuaskan. Kl misal bisa apply/perpanjang visa working holiday nya saja krn kan kl turis jangka waktu tinggalnya kl nggak salah maksimal 3 bln aja ya. Cmiiw

  53. hi mba ullie,, salam kenal….
    saya teny,, saya ingin mengurus visa ke australia, ini pertama kali saya mengurus visa, ada beberapa list yang saya bingung, saya mempunyai kendala di place of birth, di KTP tempt lahirnya berbeda dgn di Parpor. tapi kedua nama tempat itu sama dalam satu kota yang saya tinggal. apakah itu akan mempersulit proses pengurusan visanya?
    thanks before
    Teny eno

    • Maksudnya bgmn ya tempat sama tapi nama berbeda? hehe. Anyway selama semua backup dokumen yg diperlukan dipersiapkan harusnya tdk masalah, dan bisa dijelaskan didalam scan ktp anda atau di notes di form 48R kalau ada, ttg perbedaan nama tempat lahir anda tsb

  54. mbak mau tolong tanya…saya berencana pg k oz pd 25oct 2012 hanya selama 5 hari unt honeymoon..kl saya baru mengajukan visa sekarang apa masi keburu?krn saya d surabaya aman ga kl lewat pos?kemudian dana di rekening kami hanya sktr 30 jt,apa mungkin bisa diterima?bisakah rekening kami dgabung atau harus rekening masing2?thx unt infonya mbak..

    • Saya dulu jg baru apply visa kurang dr sebulan sebelum brkt, agak mepet sih. Tp proses visa itu kl lancar dan dokumen lengkap praktis hanya 4 hari kerja jd no problem. Pastikan aja dokumen semua lengkap dan meyakinkan. Utk tabungan dua2nya dicopy atau dikumpulkan di satu rekening jg tdk masalah. Di form 48R sebutkan aja kl sumber dana dari kedua rekening. Kl menurut saya sih 30jt utk 5 hari berdua cukup, hanya mungkin disebutkan aja bahwa tiket yg akan dibeli biayanya diluar uang tsb. Pastikan ada surat keterangan kerja dr perush yg menjamin anda akan kembali. Happy honeymoon :)

  55. Mba Ulliee, tolong bantu pendapatnya mengenai form Visa 48R dengan 48S, mana yang lebih baik saya pakai, bila saya sekeluarga (saya,istri dan 3 anak) diundang ke oz dengan sponsor penuh (semua biaya ditanggung oleh sponsor) oleh keluarga diOZ. menurut keluarga disana, saya harus gunakan form 48S????tapi sepertinya teman2 disini menyarankan pake 48R??? so..
    tambahan: sponsor telah kirimkan Statutory declaration tertulis pd saya via email.Thx bantuannya mba’

    cosin.

  56. Hallo mba Ullie..,
    Mba saya mau tanya nich, saya kan mengajukan visa via internet
    berdua dengan ibu saya ,lalu dibalas biaya USD 119.apa ndak salah tuch mba, atau biaya itu dikali 2 ya (Untuk masing@ visa).
    Thanks ya sebelumnya untuk jawabannya.Saya tunggu ya mba Ullie

    • Saya ngga baca balasannya dr vfs jd ngga bisa menyimpulkan. Tp setahu saya harusnya 119 usd each krn memang utk satu org biayanya 900rb-1jt lebih dikit

  57. mbak, mau tanya nie, spt yg mas webi tulis d atas, ayah sy jg pensiunan dan akan k oz krn di undang adik sy. apk hrs menyertakan surat pensiun ? ayah sy bkn dr PNS. jk tnp surat pensiun apk tdk bs? kmd utk ket kesehatan, ayah sy msh d bwh 75th. trims skali infonya ya mbak

  58. Hi, mba Ullie
    Thanks ya jawabannya. nanti saya coba kirim jawaban dari vfs ttg pembayarannya,

  59. BANK ADDRESS: Level 1, 420 St Kilda Road
    Melbourne 3004
    Australia
    BRANCH NUMBER (BSB): 013 423
    ACCOUNT NAME: Migration Expert Pty. Ltd
    ACCOUNT NUMBER: 103929USD00001
    BANK SWIFT CODE: ANZBAU3MXXX
    TRANSFER AMOUNT: 119 USD (the fee includes 20 USD surcharge to cover our bank fee)
    PAYMENT REFERENCE: AU-17543926
    IMPORTANT:
    Ensure that you provide the correct payment reference (AU-17543926) in your bank transfer to avoid delays.

    Do not provide your P.O. box address to your bank for this transfer. International transfers from a P.O Box address are declined automatically.

    Ini jawabannya dari sana mba Ullie,sorry ya nanya terus.Tq

    • Haloo mbak ullie…
      Saya mau buat visa ne untuk liburan ke aus..
      Kira2 brapa lama Ƴɑ̤̥̈̊ª̮ª̮◦°◦ kita bisa liburan dsana..apa bleh untuk pertama kalinya,saya berlibur sampai 3 bulan..tetapi saya sudah dapat cuti untuk 3 bulan..
      Terima kasih

      • visa berlibur/holiday visa di oz setau saya paling lama 3 bulan sejak visa berlaku, perhatikan saja masa berlaku yg ada di stempel visa

  60. Yth.mbak Ullie. saya mau tnya. saya mengajukan visa kunjungan ke aussie lewat biro travel. Visa sdh dpat tapi bentuknya berupa lembaran surat, kok tidak spt dulu ketika sya mengajukan visa cukup diberikan dengan stempel di passpornya aja
    . Lagian surat visa itu tidak bertandatngan dari pemberi visa. mohon penjelasan.

  61. Hi Mbak Ulliee… Terima kasih informasinya yaa, terutama template contoh dokumen :)

  62. Mbak Ulliee..salam kenal.. 20 Des-31 Des 2012 kami berencana ke OZ,dgn kondisi pada surat sponsor perusahaan seluruh biaya (saya,suami,anak) ditanggung oleh perusahaan tmpt saya bekerja,tp sebetulnya selama di Oz kami akan tggl di rumah kakak kandung saya yang PR.apakah msh dibutuhkan srt undangan dr kakak saya? Atau cukup srt sponsor perusahaan? Trims ya Mba Ulliee

  63. Nice post.kok lama ga diupdate blognya bu

  64. Salam kenal , Mbak Ulie , saya Fiki, saya baca diblog Anda ,
    saya mau minta saran ni mbak, sebaiknya gimana ya, saya bingung,
    begini, 2bulan lalu saya sudah pernah mengajukan visa turis ke australi, dan hasilnya ditolak, karena tidak ada dana yng mncukupi, padahal waktu itu saya sudh melmpirkan bukti kalau ada keluarga yg tnggal dsana dan brsedia menanggung sgala kbutuhan saya dsna, waktu itu si tbungan saya memang tdk trlalu bnyak cman 4jutaan, nah waktu itu juga saya posisinya masih krja,
    nah sekarang saya berencana mau mengajukan visa ini lagi, kali ini saya sudh ada dana sktr 68jutaan dibank, tapi masalahnya skrng saya sudh tidak bekerja lgi, rencananya saya diajak tante saya liburan disana, desember ini,, apakah kemungkinan di approve ya, Mbak, kalau saya mengajukan visa ini tnpa ada surat keterangan bekerja, dan saya ganti invitation letter dari tante disana (tante menikah dengan orang Australi) yg menyatakan bhwa saya hanya sekedar liburan, dan akan kembali lgi ke indonesia sesuai tgl yg dtntukan
    terima kasih Mbak, saya tunggu balasan nya,

  65. Oya.. mbak, Bukti keuangannya kalau dalam bentuk deposito bank jangka waktu 1 bulan, kalau seperti itu bagaimana ya?

  66. gimana klo ngurus visanya lewat travel agent? apa bisa jadi jaminan bakal digranted

  67. hi mbak uli minta tolong gm menurut anda saya ngajikan visa ausie pada 12 november dan prosesnya selsai pada 20 desmber tk visa turis, menurt mbak visa saya di terima gk yaaa? dan apa yg saya lakukan setlah ngambil proses visa tersebu?? mohon bantuanya

  68. hallo mba ullie..
    salam kenal .. mau tolong tanya aku berencana ingin mencari kerja di australia tapi sebelumnya saya telah lulus diploma dari singapore . planning kerja itu tahun depan kira kira waktu buat visa untuk working holiday visa itu harus gimana ya? harus buat visa tourist dulu baru minta working holiday visa ?
    thanks
    Yuli

  69. Malam mbak ullie maaf mbak saya mau tnya kalo pengutusan giance visa brapa lama yw approve nya…??thanks

  70. Magsud saya fiance visa mbak brapa lama kira kira pengurusannya mbak..?dan apa aja kira kira persyaratannya mbak.mhn jwabannya yw mbak thanks

    • maaf utk fiancee visa saya belum pernah mengetahui prosesnya, mungkin bisa lihat lebih banyak info di website vfs ya

  71. Salam kenal mas Sony. Sy mau Tanya bagaimana cara aplikasi working holiday visa ke hong kong? Tapi teman sy pernah overstayed selama 2 tahun di hong kong. Mohon penjelasannya dan terima kasih.

  72. Mbak Ullie, saya rencana mau merid akhir bulan Juni lalu honeymoon ke Australia awal Juli sekitar 8 hari. Calon suami saya org Singapore. Saya mau resign dari kantor bulan Februari untuk persiapan merid. Rekening tab saya dibawah 5 juta, biaya selama di Aus dicover calon suami saya krn rekening bank dia mencukupi. Pertanyaan nya :
    1. Kapan saya harus mengurus visa?
    2. Karena saya mau resign dan akan jobless apakah masih bisa mengurus visa dengan jaminan calon suami saya?
    3. Saya tidak punya sodara/kenalan di Aus, lalu bagaimana?

    • 1. Pengurusan visa sebaiknya paling lambat 1 bulan, paling cepat 2 bulan sebelum berangkat.
      2. Seharusnya bisa, dijelaskan saja di Form 48R kalau nanti biaya ditanggung suami dan buktikan dengan copy rekening suami
      3. Berikan jadwal perjalanan yg jelas dalam form 48R, jelaskan dimana saja anda akan pergi dan hotel mana anda menginap, kalau bisa sertakan bukti booking anda (book by phone aja), tapi jangan dibayar dulu hotelnya in case nanti visa tidak approved.
      Lalu sertakan surat dari tempat suami bekerja sbg jaminan bahwa tidak akan menetap di Oz
      Happy honeymoon :)

  73. Hi kak ullie terimakasih bnyk infonya ya, wah pencerahan nih, bagaimana dgn visa kerja disana ka? Apakah sama prosedurnya, rencana mau kerja dlu kemudia meneruskan kuliah disana, trims ka, Gbu

    • Setau saya visa kerja jauh lebih susah. Kebanyakan orang biasanya cari visa pelajar dulu lalu kuliah disana sambil kerja part time. setelah lulus baru cari kerja dan mengurus full working visa

  74. salam kenal mbak ullie .. Mau tanya mbak ,apakah visa turis bisa di gunakan untuk bekerja di australia , saya dapat tawaran kerja di australia ,katanya di suruh buat visa turis dulu nanti di autralia di ganti dengan visa bekerja , kalau bisa untuk biaya pergantian visa turis ke visa bekerja berapa mbak ya ,apa langsung dari sini visa bekerja .. Terima kasih sebelumnya mbak ullie saya tunggu pencerahanya

    • Visa turis tidak bisa digunakan untuk bekerja. Tapi mungkin maksud perusahaan yg akan hire anda adalah anda datang dulu ke oz baru setelah sampai di sana anda akan diberikan dokumen pendukung untuk mengurus working visa. hanya setau saya working visa tetap harus diurus di indonesia dulu. Jika memungkinkan menurut saya langsung aja bikin working visa, karena jika visa turis anda hanya untuk dipakai 1x perjalanan sayang juga jika mengeluarkan uang pribadi 1jt lebih untuk satu visa turis. Dikomunikasikan lagi aja sama perusahaannya

  75. salam kenal mb uliie,…..mau ikut nanya mb, suamiku mau ke australia tujuan kunjungan ke keluarga disana,cuman dy tdk bekerja disuatu perusahaan dy hanya freeline, trs gmn mbak apa gpp klo tdk ada surat sponsor, tapi sy ada surat undangan dari om sy yg sdh jd WN disana, dan apa diperlukan juga bukti hubungan keluarga mb,klo mmg perlu bukti seperti apa….dan jml rekening tab 50jt , kira2 cukup untk brp lama tinggal disana mb…, tlg bantuannya ya mb…biar visa bs lolos, trimakasih yam sebelumnya

    • @donna
      kl misal freelance mungkin copy rekening aja cukup. lalu yg penting ada surat undangan, kl bisa disertai copy passport/driving license sbg dokumen pendukung. utk uang 50jt kl utk berdua, dijelaskan saja akan stay selama 1-2 minggu dan selama disana segala biaya (akomodasi, transport dan logistik) akan ditanggung oleh keluarga yg WN Australia.

  76. Mbak Ullie , untuk Invitation Letter apakah harus asli ( dikirim dari Sydney ) ke saya ataukah cukup scan + email saja ? Thanks – Unul

    • sebaiknya dikirim via post, jadi yg asli kita sertakan ke aplikasi visa kita. tapi bisa juga sebelum dikirim, minta keluarga yg di oz utk scan dulu surat tsb, lalu kirim juga copy passport dan driving license. nanti di aplikasi visa dijelaskan kalau surat asli masih dikirim via post (jika memang belum sampai ke indonesia)

  77. Mba.. saya mau tanya nih..

    Bulan July nanti saya berencana ke Australia mengunakan Visa liburan dengan waktu kunjungan enam bulan hingga satu tahun, dan selama saya berada disana keluarga saya yang tinggal di Australia akan menanggung seluruh biaya akomodasi saya.

    Yang ingin saya tanyakan

    1. Visa apa kah yang tepat dan bagaimana cara proses invitation letter yang akan dibuat kan? apakah harus ke imigrasi di Australia atau cukup dikirim dari Australia via pos langsung ke Indonesia dan saya cukup membawa surat aslinya ketika saya mengajukan aplikasi ke VFS,

    2. Keluarga saya sekitar 15 tahun tinggal di Australia dan hingga kini masih semi permanen residance apakah bisa membuatkan Invitation letter?

    3. Apakah saya juga harus mengunakan rekening koran selama tiga bulan terakhir jika mengukanan Invitation Letter?

    Terimakasih

    • 1. Utk memilih visa yg sesuai kebutuhan, bisa cek di wizard berikut http://www.immi.gov.au/visawizard/
      2. Bisa, lebih baik jika sdh punya passport atau driving license Aus
      3. sebaiknya disediakan saja rekening koran, nanti dijelaskan di aplikasi visa bahwa semua ditanggung keluarga

  78. salam kenal mbak ullie…saya mau bertanya, klo bekerja sebagai petik buah di OZ, pke visa turis, itu boleh apa gk mbk.???

    • setau saya, visa turis tidak diperbolehkan utk bekerja secara full time. yg diperbolehkan hanya kerja paruh waktu yg tidak tetap dan tidak formal, misal bekerja dengan jumlah jam kerja tertentu yg terbatas/hanya sedikit

  79. Mbak aku rencanany mau ikud smacam les bhs.inggris skitar 10 weeks sma coba2 cari kerja part time dsana. Trus krna kurang dari 3bln d saranin pke visa turis. Kira2 visa turis bisa d pake kerja part time nggak mbak?
    Disana juga ada saudara yg udh jdi WNA. Apa perlu invitation letter juga?

    • visa turis bisa utk kerja part time. invitation tetap perlu + copy passport and or driving license

  80. Haiiiii mbak ulie… Pa kbr ?
    Saya sangat gagum dengam info n pencerahan dan isi blog ini.
    Btw saya mw tanya , kalo ke oz pake passport portugal gimana caranya mbak ?
    Apa tetap sama ?
    Btw thx b4.

  81. thanks atas infonya. sangat bermanfaat. ijin share. yuk bergabung di fanspage https://www.facebook.com/TinggalDiAustralia untuk diskusi tentang australia.

    • selamat siang mba ullie
      mohom maaf saya tidak mengerti cara comment di blog, tapi ada beberapa hal yang saya ingin tanyakan tentang visa australia,jika kakak saya memberi sponsor kepada saya sebesar 40 juta apakah bisa untuk jangka waktu 17 hari? dan saya baru memasukan uang tabungan saya sebesar 30 juta hari ini ke bank saya dan sebelumnya bank saya tidak ada saldo apakah bisa menjadikannya bukti juga? dan apakah bisa diterima visanya? untuk dokumen yang lainnya saya sudah lengkap.
      terima kasih banyak atas bantuannya

    • Mb,baru aja saya dapat jawaban dri pengaju’an visa turis saya ke australi.jawabany di tolak mb.dengan alasan saldo dana yg ada di rek saya tiba”masuknya dan tidk ada bukti pendukung saya sebagai umum nya wisatawan dri kegiatan,rencana perjalanan,pemesanan,pengaturan.mb,saya mau minta saran nya biar bisa di setuju’I gmn ya?klau bleh minta contoh rencana perjalanan dan surat sponsor dri perusaha’n.makasih sebelum nya.

      • Sarannya sebaiknya rekening yg dipakai adlh rekening yg dipakai utk masuknya gaji/penghasilan anda jd paling tidak ada history setiap bulan dr pemasukan anda. Atau at least saldo diendapkan dulu selama 3 bln baru apply visa lagi. Lalu yg paling penting adlh invitation letter diusahakan ada. Surat keterangan dr perusahaan seperti biasa utk mencari visa, biasanya dept HR sudah punya templatenya. Hope this help

  82. pagi mbak Uliee. waah ke betulan nih saya nemu blog ni.. sangat berguna bgt info nya. sy mau tanya nih mba. sy ada rencana mw ke oz tapi berhubung saya masih 20 thn bisa gak ya ? tapi saya ada sponsor yg bersedia mengirimi saya letter invitation dan semua keb saya. pertanyan sy adalah?=
    apa kah bisa hanya mengandalkan bukti keuangan dari pihak sponsor saja. soalnya sy masih blm punya bku tabungan.
    terus .karena saya belum kerja dan masih cuti kuliah. bisa gak ya surat cuti kuliah tu jadi dokumen sbagai plngkap aplly visa saya?
    kalo emng bisa apa harus surat itu pakai bhs inggris?
    terus kira kira berapa lama ya sebaiknya saya mengajukan harian apa mingguan? biar bisa di approved? terus ntar kalo sy di sana bisa ga di perpanjang izin tinggal nya?
    terakhir. apakah latter invitatkon nya harus dari sana asli plus tanda tangan dan materai dari os atau busa cuman copy nya aja dari hasil scan email. maaf kalo pertanyaan nya ke banyakan mba, tapi saya akan sangat berterima kasih kalau kiranya mba bisa menjawab pertanyaan saya. TERIMAKASIH :)

    • umur 20 thn harusnya tdk masalah, sertakan saja keterangan kuliah sbg bukti. Di formulir visa bisa dijelaskan nanti biaya ditanggung oleh yg meng invite. Invitation letter sebaiknya dikirim via pos agar lebih meyakinkan, atau sebelum dikirim discan dulu oleh pengirim. jangan lupa sertakan passport pengirim/ Driving license. perpanjangan otomatis setau saya tidak bisa, 3 bulan harus kembali ke indo utk perpanjangan.

  83. selamat siang mba ullie
    mohom maaf saya tidak mengerti cara comment di blog, tapi ada beberapa hal yang saya ingin tanyakan tentang visa australia,jika kakak saya memberi sponsor kepada saya sebesar 40 juta apakah bisa untuk jangka waktu 17 hari? dan saya baru memasukan uang tabungan saya sebesar 30 juta hari ini ke bank saya dan sebelumnya bank saya tidak ada saldo apakah bisa menjadikannya bukti juga? dan apakah bisa diterima visanya? untuk dokumen yang lainnya saya sudah lengkap.
    terima kasih banyak atas bantuannya

    • uang baru dimasukkan seharusnya tdk masalah, kasus saya dulu jg seperti itu, baru masuk sekitar 1 bulan. kl bisa invitation letter yg asli dikirim via pos + copy passport / driving license.

  84. selamat siang mba ullie
    mau tanya lagi nih,tp kalo saya untuk bank statementnya bru dimasukan sekitar 4 hari? dan jika dibank saya tidak ada saldo tetapi pihak embassy memaksa saya untuk memberi copyan bank statement saya apa yang harus saya lakukan yah? apa sudah tidak ada harapan bakalan diterima?
    terima kasih mba ullie

    • menurut saya dikasih aja dan dijelaskan sejelas mungkin. kl kita terkesan menutup2i nanti malah dicurigai. semoga berhasil

  85. Hi mbak Ullie
    Saya pernah ke Au tahun lalu dg permohonan visa tourist selama 6 bulan dan dikabulkan, karena saya menikah dg orang Indo tapi sdh mnjadi WNAu. Tetapi baru 2 minggu saya sudah kembali ke Indo krna ayah saya sakit. Sekarang kami sudah berpisah dan sedang masa proses cerai dg suami(proses perceraian dilakukan di Au). Sekarang sy punya pacar WN Au (bule asli Au) dan sedang sakit. (kakinya patah). Dia mengundang saya ke sana atas biaya dari dia semua. Saya tidak punya buku tabungan. Kemungkinan kalau surat cerai saya keluar saya akan menikah dg pacar saya. Menurut mbak Ullie surat undangan dari pacar saya itu mengaku sbg teman atau jujur pacar dan mengaku sedang sakit dan sangat membutuhkan saya? Surat dokumen dr dokter di sana lengkap.
    Mohon penjelasan mbak Ullie sbg pencerahan saya. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih.

  86. dear mba ullie,,
    aku rencananya akan pergi ke melbourne, australia pada bulan november 2013 ini,
    saya masih kuliah dan baru saja menyelesaikan skripsi saya dan belum bekerja, hanya magang saja dan itupun sudah selesai,
    sedangkan pacar saya ingin saya mengunjunginya disana dan dia yang akan menanggung segala keperluan dan akomodasi selama saya disana tapi dia bukan warga negara australia melainkan warna negara turkey yang sedang bekerja disana,

    yang ingin saya tanyakan adalah :
    1. mengenai surat invitation letter bagaimana kalau itu di buat oleh pacar saya walaupun dia bukan warga negara australia dan baru bekerja sekitar 3 bulan disana, apakah surat invitation letternya kiranya dapat di terima?

    2. apakah saya perlu membuat surat dari kampus saya yang menyatakan bahwa saya adalah benar mahasiswa dari kampus tsb dan mmg belum bekerja sebagai penggantian surat keterangan bekerja?

    3. untuk fotocopy rekening, karna saya adalah seorang mahasiswa yang masih di tanggung orang tua, dan saya tidak mempunyai rekening dgn jumlah yang cukup, apakah bisa memakai fotocopy rekening pacar saya?

    4. umur saya 22 tahun, dan saya akan ke australia sendiri, apakah saya perlu surat izin dari orang tua saya? mengingat saya sama sekali belum pernah membuat visa?

    5. yang terbaik menurut mba, saya harus apply visa dahulu atau beli tiket terlebih dahulu,?
    karna saat ini bulan agustus 2013 saya melihat ada tiket promo untuk bulan november 2013, saya ingin membelinya tapi saya takut visa saya di tolak, dan menurut mba bulan apa sebaiknya saya apply visanya? september atau oktober ya mba?

    terima kasih banyak sebelumnya mba..
    mohon bantuannya yaa.. :)

  87. Mbak Ulliee…contoh surat izin suami di atas nggak bisa sy buka. Bolehkan mbak Ulliee email ke saya contohnya?

  88. Halo, mbak…
    Wah, postingan yg bermanfaat sekali.
    Kebetulan Januari Insya Allah saya juga mau berkunjung ke Australia. dan kasus saya sama seperti ari koichi. 20thn, masih kuliah, blm punya rekening bank, tapi nanti di australia akan ada yang mengakomodasi saya. saya tinggal menunggu surat undangan darinya…

  89. halo mba ulliee…saya sih rencananya mau ke australia bulan feb 2014..berhubung pacar saya orang australia..rencana dia yang mau urusi semua nya pas desember ini..sedangkan saya sudah resign per nov ini..apakah kemungkinan bisa di setujui visa saya ini..

  90. salam alaik mba , tolong bgt , aku harap mba bisa jawab pesan aku , bisa aku minta no mba , aku bllm prnah berpengalaman buat urus visa , mba aku lihat udah berpengalaman bgt yah , bisa ngak aku minta no mba biar kita bs ngobrol langsung , saya bener2 nga ngerti gimana saya harus buat visa ke sana ,,, maaf ya mba sekali lg aku minta tolong bgt , …. aku mohon mba bs jawab aku , aku buth bgt infomasi n bimbinganny karena aku sendiri aku ga punya temen yg bs bantu aku mba tolong mba , thanks

  91. halo mb ulliee
    salut bgt dg waktu yg mb berikan buat teman2 yg butuh info may God bless you,
    mb ak mo nanya pacar saya tgl 20 Jan 2014 datang dan rencana kmi tgl 24 mo ke jakarta utk apply langsung bersama cow saya,pacar saya asli Australian dan tujuan sebenarnya ke sana utk menikah,krna visa yg dimiliki pacar saya cm VOA 1 bulan dan dia jg hrs balik Aussie sebelum tgl 24 Febuari,krn hrs kuliah,jdi ga cukup utk nikah di Indo.Dan maunya pacar saya pas pulang Aussie itu udah bareng saya.Utk sementara rencana hny mengajukan dg visa tourist krna utk prospective marriage visa membutuhkan kurang lebihnya 1 tahun. yg mo saya tanyakan
    1.invitation nya tertulis mengundang saya “during calendar 2014′ dia menjamin akomodasi dan seluruh biaya….nah aku kan cm visitor visa klo invitation nya ditulis bgtu apa cenderung mo menetap di sana…apa perlu diganti hny 3 bulan sja

    2.klo sdh ada invitation letter apa perlu bank statement..wah uang sy minim sekali,

    3.saya udah resign dr tempat kerja..krna mang mo ikut calon suami,,rencana dr tourist visa mo extend visa dan ganti partner visa

    4.Nama KTP dan Akte nama saya disingkat sedangkan di pasport dg nama full…perlukah surat keterangan nama dr kelurahan?karena pas perpanjang paspor saya udah tanya dan staff pembuat pasport bilang suruh lanjutin nama yg sesuai pasport

    Terima kasih byk mb ullie maaf byk pertanyaan tegang abis wktu cm 1 bulan…God bless u abundantly

    • Hi Andrea, coba sy jawab sepengetahuan saya ya
      1. Kl visitor visa sepertinya ada expiry stay nya kl ngga salah 1 atau 3 bulan. Dan stlh itu harus perpanjang visa. Perpanjangan ini sy jg kurang mengerti. Pengalaman teman, ada yg harus pulang ke indo dulu utk perpanjang visa baru balik ke oz lagi. Jd kl memang tujuannya utk menikah dan stay disana sebaiknya sih visitor dulu lalu balik ke indo utk perpanjang atau apply marriage visa. Opsi pertama mgkn lebih mudah meski ribet bolak balik. Sambil apply jg utk marriage visa atau langsung apply green card. Kl misal ragu2, lebih baik langsung tanya ke AVAC
      2. Bank stat sepertinya harus, at least pad saat di printout rekening koran ada saldo cukup utk membeli tiket pp seandainya di invitation sdh ditulis selama disana semua dicover pengundang.
      3. Berarti rencana anda sama seperti yg sy tulis di poin 1 ya, sepertinya udh ok
      4. ttg konsistensi nama paspor vs dokumen lain, at least di semua dokumen permohonan visa pakailah nama sesuai paspor. Kl misal bisa dgn mudah mendapatkan surat ketr dr kelurahan sebaiknya disertakan aja utk jaga2.
      Anyway yg penting dokumen dilemgkapi selengkap mungkin. Hope this help ya, jika masih ragu jgn ragu utk contact avac.
      Good luck ;)

  92. mbak apa harus menyertakan copy tiket pesawat?kalo tidak ada sponsor di sana apa bisa?

    • Tidak perlu beli tiket dulu cukup menjelaskan deskripsi itinerary selama disana. Misal akan berkunjung sekitar tgl brp sd brp, lalu menginap 3 hari di sidney di hotel A dan 3 hari di melborne di hotel B utk sightseeing. Sebaiknya deskripsi dibuat sejelas mungkin ditulis dlm form 48R.
      Jika bisa dpt surat sponsor diusahakan saja, krn yg penting pihak kedutaan yakin bhw kita kesana hanya sbg turis dan akan kembali ke indonesia.

  93. Dear Mba Ulliee,
    mba bisa mnta emailnya gak, soalnya gak ngerti cara twitter.

  94. Ass, Terimakasih atas info ini. Saya berkeinginan pergi ke sidney 5 hari empat malam, bulan juni mendatang. apa saran uliee untuk saya lakukan bila saya berangkat berdua sama suami tanpa travel.Dan sayatidak punya invitor hanya ingin libur saja.Tujuan disana hanya sekitar lokasi menarik disekitar itu.Ini adalah awal saya mau berangkat ke sana .Tolong berikan reperenci tempat hotel yang murah atau hemat.Terikasih sebelumnya.
    Beti Sabitah.

  95. Mbak ulliee tolongin…mbak beneran nga sich harus melampirkan copy surat kepemilikan property di indonesia??? Kalau surat dari tempat kerja, tabungan dan sponsor asli australia udah ready….kalau harus lampirkan surat kepemilikan property agak susah nich mbak :'(

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: